PMM, Mahasiswa Unmuh Gelar Sosialisasi Operasional BUMDes di Desa Panggung Rejo Malang

PMM, Mahasiswa Unmuh Gelar Sosialisasi Operasional BUMDes di Desa Panggung Rejo Malang

MALANG, BANGSAONLINE.com – Kelompok 17 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Tematik BUMDes (UMM) sukses melaksanakan sosialisasi operasional BUMDes di , Kepanjen, Malang, Rabu (22/02/2023).

Moh. Nurcholish Madjid, salah satu anggota kelompok PMM yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut, menjelaskan pentingnya posisi BUMDes untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat desa.

"Jika BUMDes-nya tertata dengan baik dan maksimal, maka kesejahteraan akan semakin bisa dicapai. Karenanya, kami dari kelompok ini berbagi ilmu pengetahuan tentang manajemen operasional untuk kemudian menjadikan tata kelola BUMDes Rejo Makmur ini semakin baik," ungkap Nurcholish Madjid.

Hal senada disampaikan Fahmil Ulum, koordinator kelompok PMM. Menurutnya, BUMDes berperan dalam mewujudkan desa mandiri melalui peningkatan kesejahteraan masyarakat. Di antaranya melalui penyerapan tenaga kerja, menumbuhkan kegiatan ekonomi masyarakat, memberikan kemudahan akses usaha, dan meningkatkan pendapatan asli desa (PADes).

"Dengan pengelolaan BUMDes yang baik dan benar, tentunya akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Panggung Rejo," tutur Fahmi Ulum, mahasiswa dari Kabupaten Pamekasan.

Sementara Haerul, Kepala , berterima kasih kepada mahasiswa UMM yang telah membantu pengelolaan BUMDes.

"Kami selaku perangkat desa merasa terbantu dalam menjadikan BUMDes ini sebagai wasilah kesejahteraan desa kami," kata Haerul.

Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh perangkat desa, perangkat BUMDes Rejo Makmur dan tokoh masyarakat tokoh agama serta masyarakat .

Sebagai informasi, kelompok 17 PMM Tematik BUMDes ini terdiri dari Fahmil Ulum selaku koordinator kelompok, Haidar Ali Muqaddas, Moh Nurcholish Madjid, Ulul Azmi, dan Lely, masing-masing sebagai anggota. Sedangkan dosen pembimbing lapang yaitu Drs. Amir Syarifuddin. (dim/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO