Sambut Hari Raya Nyepi, Warga Desa Laban Gresik Gelar Pawai Ogoh-Ogoh

Sambut Hari Raya Nyepi, Warga Desa Laban Gresik Gelar Pawai Ogoh-Ogoh Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, bersama Wakil Ketua DPRD, Mujid Riduan saat melepas pawai ogoh-ogoh di Desa Laban, Kecamatan Menganti. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Umat Hindu di Desa Laban, Kecamatan Menganti, , menggelar pawai ogoh-ogoh, Selasa (21/3/2023), malam. Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut Hari Raya Tahun Baru Saka 1945. 

Masyarakat menyambut antudias jalannya pawai. Pawai dilepas oleh Bupati , Fandi Akhmad Yani. Ia mengikuti jalannya pawai mulai start hingga selesai.

Rute dimulai dari halaman Pura Jagad Dumadi, Desa Laban Kulon. Kemudian, menyusuri jalan hingga perbatasan -Surabaya, sebelum kembali lagi ke Pura.

Bupati yang akrab dengan sapaan itu mengatakan bahwa pelaksanaan pawai ogoh-ogoh pada upacara Pecaruan Agung Tilem Kasanga atau Tawur Agung Kesanga, merupakan acara yang sudah dirindukan masyarakat setelah lama tak digelar akibat pandemi Covid-19.

"Setelah tiga tahun, akhirnya kita bisa bersuka ria menggelar pawai ogoh-ogoh lagi. Semoga pawai bisa berjalan lancar dan tak lupa, kami atas nama Pemerintah Kabupaten mengucapkan selamat Hari Raya ," ucapnya.

Pelaksanaan pawai ogoh-ogoh merupakan wujud dalam melestarikan budaya dan adat masyarakat Hindu, serta merupakan lambang keinsyafan manusia akan kekuatan alam semesta dan waktu yang maha dahsyat.

Selepas diarak pada rute yang ditentukan, ogoh-ogoh tersebut lantas dibakar. Ini merupakan simbol memusnahkan sifat-sifat buruk manusia, sehingga hal-hal negatif tersebut tidak membawa pengaruh buruk di tahun yang akan datang.

Hadir Wakil Ketua DPRD DPRD, Mujid Riduan, dan Ketua Fraksi Golkar, Wongso Negoro. Juga hadir, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Kusno, Ketua PHDI Desa Laban, Haning Sudarti, Camat Menganti Gunawan Purna Atmaja serta Muspika Menganti. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO