Sidak Takjil, Pemkot Kediri Minta Pedagang Tak Pakai Koran untuk Bungkus Makanan

Sidak Takjil, Pemkot Kediri Minta Pedagang Tak Pakai Koran untuk Bungkus Makanan Kepala Dinkes Kota Kediri, Fauzan Adima, dan Kapolres Kediri Kota, AKBP Teddy Chandra, saat sidak takjil. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot mengimbau kepada para pedagang makanan untuk tidak menggunakan koran sebagai bungkus makanan, karena bisa membahayakan kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Fauzan Adima saat melakukan sidak takjil pada Jumat (31/3/2023) sore. Meski tak mendapati penjual makanan yang dibungkus koran, Dinkes Kota tetap memberikan edukasi kepada para pedagang takjil tentang bahaya menggunakannya.

“Karena masih banyak yang belum memahami bahayanya, jadi kami harapkan semua pedagang mematuhi imbauan ini,” kata Fauzan.

Ia menjelaskan, di koran terdapat tinta yang dikhawatirkan dapat meleleh dan mencemari makanan jika terkena panas. Karena tinta adalah salah satu bahan berbahaya untuk dikonsumsi.

“Sayang sekali jika makanan sebenarnya sudah aman, namun karena terkontaminasi bungkus koran menjadi berbahaya,” ujarnya.

Sementara itu, sidak takjil sendiri dilakukan di dua lokasi berbeda, yaitu di Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Jaksa Agung Suprapto. Total, sebanyak 35 sampel diambil secara acak dari para pedagang dan diuji kandungan yang terdapat pada makanan yang dijual. Di antaranya tahu, krupuk, janggelan, dan keripik usus.

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO