Safari Ramadhan, Bupati Sampaikan Program Pembangunan Lamongan Berkelanjutan

Safari Ramadhan, Bupati Sampaikan Program Pembangunan Lamongan Berkelanjutan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, saat memberi sambutan ketika Safari Ramadhan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Komitmen Pemkab dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan pada infrastruktur terus digencarkan, mulai dari tingkat kabupaten hingga desa. Pada tingkat desa disalurkan melalui dana dusun (Dandus) setiap tahunnya.

Bupati , Yuhronur Efendi, mengatakan bahwa wilayahnya yang dipimpin semakin membaik. Predikat baik dapat dilihat dari ragam indeks yang terus meningkat, mulai dari capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yakni 74,02 persen, hal tersebut terdapat indikator infrastruktur, kesehatan dan pendidikan di dalamnya.

"Insfrastruktur masih kita jadikan prioritas di . Karena dengan pembangunan insfrastruktur akan memberikan fasilitas layak untuk masyarakat kita. Sehingga kesejahteraan masyarakat dapat kita berikan," ujarnya saat melaksanakan Safari Ramadhan 1444 Hijriah di Masjid Al Muttaqin, Desa Kendalkemlagi, Kecamatan Karanggeneng, Jumat (31/3/2023).

Menurut dia, tersedianya insfrastruktur yang memadai akan berdampak pada kelancaran mobilitas masyarakat dalam menjalankan aktivitas harian, mulai dari sosial hingga ekonomi. Pemerataan pembangunan di juga dapat dilihat dari tingginya angka gini rasio, yakni sebesar 0,2 persen, yang mana dapat diartikan bahwa ketimpangan masyarakat sudah tidak terjadi lagi.

Wujud nyata pembangunan Pemkab di Desa Kendalkemlagi ialah penambahan volume dan pelebaran jalan, serta pembangunan 150 meter drainase di Dusun Kemlagi. Kepala Desa Kendalkemlagi, Iwan Fanani menjelaskan terkait pembangunan tembok penahan tanah (TPT) dari alokasi dana dusun 2022, menjadikan wilayah Kendalkemlagi bebas banjir.

"Pembangunan infrastruktur oleh Pemkab sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Salah satu realisasinya ialah wilayah menjadi bebas banjir, hal tersebut dapat terjadi karena adanya program penambahan tinggi pada tanggul desa dan TPT," terangnya

Hadiri dalam acar la tersebut Wakil Bupati Abdul Rouf, Ketua MUI KH Abdul Aziz Choiri dan jajaran Forkopimda .

Safari ramadlan, selain bertujuan untuk memperkuat silaturrahmi dan semakin mendekatkan pemerintah dengan masyarakat juga dimanfaatkan Bupati Yuhronur sebagai sarana untuk menyerap aspirasi masyarakat sekaligus memberikan informasi terkait program-program yang dicanangkan pemerintah.

"Safari Ramadhan, selain sebagai sarana untuk meningkatkan tali silaturrahmi dan perekat antara pemerintah dengan masyarakat juga sebagai wadah menyampaikan informasi pembangunan sekaligus menyerap aspirasi yang berkembang di tengah masyarakat," pungkasnya. (qom/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO