Berangkatkan 440 Jemaah Haji, Bupati Madiun: Tetap Semangat, Semoga Jadi Haji Mabrur

Berangkatkan 440 Jemaah Haji, Bupati Madiun: Tetap Semangat, Semoga Jadi Haji Mabrur Pelepasan para calon jemaah haji menuju ke Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Banyak masyarakat yang berdatangan di Pendopo Ronggo Djoemeno untuk mengantarkan kerabat atau tetangganya untuk menunaikan ibadah haji, Senin (29/5/2023).

Tahun ini, Kabupaten Madiun memberangkatkan 440 jemaah haji. Sebelum menuju bus, terlihat ratusan calon jemaah haji bersalaman dengan, wabup serta Forkopimda.

Sebanyak 12 bus, diberangkatkan oleh, Ahmad Dawami (Kaji Mbing) untuk mengantarkan jamaah menuju asrama haji yang berada di Sukolilo Surabaya. Kemudian, akan diberangkatkan menuju tanah suci.

Kaji Mbing berpesan kepada jemaah haji, agar tetap bersemangat dan harus gembira, karena tidak semua terpanggil untuk menunaikan ibadah haji. Untuk itu, meminta agar jemaah haji menggunakan kesempatan dan waktunya untuk ibadah dengan gembira.

“Saya pesan kepada Jemaah haji minumnya tidak boleh telat. Setiap setengah jam harus minum walau hanya seteguk air, dan jangan minum yang dingin, usahakan air hangat. Semoga mereka (calon jemaah haji) pulang menjadi haji mabrur dan menyebarkan kebaikan ditengah masyarakat, dan mereka semua bisa kembali ke tanah air,” pesannya.

Menurutnya, jemaah haji ini, sebagian besar lansia, sehingga persiapan dari sisi pendamping, bahkan tim kesehatan yang ikut dalam rombongan, harus menjaga kesehatan dan obat-obatan semua dipersiapkan.

"Segala ikhtiar sudah kita lakukan, kita doakan semoga semua lancar,” harapnya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Madiun menambahkan, total jemaah haji tahun ini sebanyak 440, kurang lebih 42% berusia di atas 65 tahun.

Tema tahun ini untuk Kemenag, adalah ramah lansia, dimana ada 13 skema, seperti petugas haji, penentuan kloter, manasik haji sampai kepulangannya diprioritaskan untuk lansia. (dro/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO