Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak, Dinas Kesehatan Tulungagung Gelar Bimtek KIA

Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak, Dinas Kesehatan Tulungagung Gelar Bimtek KIA dr. Desi Lusiana Wardani, selaku Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Tulungagung.

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung terus melakukan upaya untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Salah satunya, dengan cara menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kesehatan Ibu dan Anak (), Senin (29/5/2023).

Bimtek ini, dihadiri oleh koordinator puskesmas se-Kabupaten Tulungagung, dengan narasumber dr. Desi Lusiana Wardani, selaku Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) .

BACA JUGA:

Dalam paparannya, dr. Desi Lusiana mengatakan, Bimtek ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas pada bidan yang bertugas di wilayahnya masing-masing.

"Dari hasil evaluasi saat Bimtek hasilnya memuaskan sebab petugas di lapangan mampu menekan angka kematian ibu," katanya usai mengisi materi Bimtek

Menurutnya, pada tahun ini jumlah kematian ibu berhasil ditekan. Tahun lalu, tercatat sebanyak 18 ibu meninggal, sedangkan tahun ini hanya 2 ibu. Sedangkan pada tahun 2021 lalu, angka kematian ibu mencapai 57 orang.

"Harapannya, jumlah ini tidak akan bertambah lagi hingga akhir tahun ini. Oleh karena itu Bimtek ini sangat perlu untuk memperkuat kapasitas para petugas di wilayahnya masing-masing," ujarnya

Ia juga menjelaskan, dalam melaksanakan program ini, ada sedikit kendala terkait dengan penggunaan sistem aplikasi. Sebelumnya, sistem ini manual, namun kini beralih ke sistem online. Oleh karena itu, menurutnya, perlu waktu untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Namun, kendala ini, sedang dalam proses penyesuaian dan pembiasaan penggunaan sistem online.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO