Warga Tegalagung Tuban Gelar Sedekah Bumi untuk Tolak Balak Penyakit

Warga Tegalagung Tuban Gelar Sedekah Bumi untuk Tolak Balak Penyakit Pagelaran seni tayub mewarnai ritual sedekah bumi yang digelar Desa Tegalagung.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Warga , Kecamatan Semanding, Kabupaten masih rutin menggelar di tempat-tempat yang dianggap sakral. Tradisi yang sudah turun temurun tersebut dilalukan oleh warga Tegalagung setelah panen raya.

Seperti kegiatan kali ini, warga Tegalagung telah menggelar acara di empat titik. Yakni di Makam Mbah Kesambi, , Makam Mbah Woto, dan di Sumur Sumber Jelumpang.

Kades Tegalagung, Sutomo, menyatakan pelaksanaan kali ini di Kompleks , Senin (29/5/2023). Biasanya pelaksanaan dari empat titik tersebut berjarak satu bulan.

"Jadi setelah panen kami langsung melalukan kegiatan ini," kata Mbah Tomo, sebutan Kades Tegalagung itu saat ditemui, Senin (29/5/2023).

Sesuai tradisi, dilaksanakan dengan menggelar pagelaran seni tayub yang sebelumnya didahului dengan doa bersama. Kegiatan ini digelar sebagai wujud rasa syukur atas berkah panen yang diperoleh para petani .

"Pelaksanaan ini juga menjadi sarana silaturahmi dan menjaga kerukunan antar warga di . Saat , masyarakat akan berkumpul dengan membawa makanan hasil bumi untuk kemudian dinikmati bersama," bebernya.

Mbah Tomo menambahkan, kegiatan ini merupakan warisan leluhur yang tidak bisa ditinggalkan. Tujuannya, mensejahterakan dan menjaga kerukunan antar warga desa.

Menurutnya, warga percaya jika tidak digelar, maka akan berdampak pada pageblug.

"Semoga pelaksanaan ini semakin mempererat kerukunan antar warga. Sekaligus bisa meningkatkan hasil panen yang merupakan mata pencaharian sebagian besar warga Tegalagung," harap Mbah Tomo. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO