Mamuk Ismuntoro Raih Penghargaan dari Wali Kota Surabaya, Kok Bisa?

Mamuk Ismuntoro Raih Penghargaan dari Wali Kota Surabaya, Kok Bisa? Pengajar dan fotografer profesional dari Jawa Timur, Mamuk Ismuntoro.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pengajar dan asal Jawa Timur, Mamuk Ismuntoro, meraih penghargaan dari Wali Kota , Eri Cahyadi, atas dedikasi serta konsistensinya di dunia literasi visual serta kearsipan.

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota ke-730, apresiasi itu diberikan bersamaan dengan ratusan warga lainnya yang dianggap memberikan kontribusi positif bagi Kota Pahlawan. Mereka menerima penghargaan tersebut di Balai Kota , Rabu (31/5/2023).

Mamuk menerima komplimen atas perannya sebagai penggiat Komunitas Pejuang Arsip Kota (Koparska), perkumpulan yang berdiri di bawah koordinasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota .

Ia menjelaskan, mereka telah mengembangkan program pelatihan fotografi, penulisan, dan pengarsipan dengan harapan generasi mendatang akan lebih peduli terhadap bentuk-bentuk pengarsipan visual dari wilayahnya masing-masing.

Sebelumnya, alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan (Stikosa AWS) itu aktif dalam bidang literasi visual. Mamuk mendirikan Matanesia, komunitas yang didukung oleh para pegiat komunikasi, terutama dalam fotografi, jurnalisme, dan dokumentasi pada 2006. 

Lewat rangkaian kegiatan yang ada, Matanesia tumbuh menjadi salah satu komunitas foto terbesar di Indonesia. Mamuk mengatakan bahwa literasi visual menjadi hal yang penting karena dapat menjadi dasar bagi individu atau lembaga untuk membaca, memahami, dan menginterpretasikan pesan-pesan visual yang ditemukan dalam media dan budaya kontemporer. Hal ini melibatkan kemampuan untuk memahami dan menganalisis elemen-elemen visual seperti grafik, ikon, simbol, tata letak, dan foto dalam konteks yang berbeda.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO