Jelang Peringatan Waisak, Patung Buddha di Vihara Jayasaccako Kediri Dibersihkan

Jelang Peringatan Waisak, Patung Buddha di Vihara Jayasaccako Kediri Dibersihkan Patung Buddha di Vihara Jayasaccako Kediri sedang dibersihkan. Foto: Muji Harjita/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Jelang peringatan Waisak 2567 BE yang jatuh pada Minggu (4/6/2023), patung Buddha di di Jalan Vihara 8, Kelurahan Semampir, Kecamatan Kota , dibersihkan.

Selain membersihkan patung Buddha, pengurus , juga menata tempat (gelas) untuk menyalakan pelita.

Febi Yuda Krisbiantoro, Humas mengatakan, bahwa pembersihan patung Buddha sebelum acara puncak peringatan Waisak ini dilakukan sebagai wujud penghormatan kepada Sang Buddha.

"Sebelum acara puncak peringatan hari Waisak pada Minggu (4/6/2023), kami melakukan acara bersih-bersih patung Sang Buddha," kata Febi, Jumat sore (2/6/2023).

Febi menuturkan, saat acara puncak nanti, juga akan dilangsungkan Pradaksina atau parikrama yaitu kegiatan penghormatan dengan mengelilingi sebuah objek pemujaan seperti stupa atau Pratima Buddha sebanyak tiga kali. Penghormatan dilaksanakan bersamaan dengan meditasi sambil berjalan searah jarum jam.

Peringatan Tri Suci Waisak, lanjut Febi, akan digelar pada Minggu, 4 Juni 2023, puja detik-detik Waisak 2023/2567 jam 10.41.19 WIB. Acara Puja Bakti dimulai pukul 10.00 WIB hingga selesai dan dipimpin oleh Upacarika Yudi Chandra. Sedangkan pesan Waisak akan disampaikan oleh YL. Samanera Budirato.

"Umat yang hadir saat acara puncak peringatan Waisak di sekitar 50-60 umat yang berasal dari lokal saja," pungkasnya. (uji/git).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO