6 Keistimewaan Puasa Arafah Pada 9 Dzulhijjah

6 Keistimewaan Puasa Arafah Pada 9 Dzulhijjah 6 Keistimewaan Puasa Arafah Pada 9 Dzulhijjah. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Puasa Arafah merupakan salah satu puasa sunnah yang dikerjakan pada tanggal 9 dan memiliki banyak keutamaan.

Dilansir dari laman Kementerian Agama Sulawesi Selatan, waktu pelaksanaan puasa Arafah yakni ketika dilakukan ibadah wukuf oleh para jemaah haji di Arafah.

Adapun para ulama telah sepakat bahwa hukum puasa Arafah adalah sunnah. Namun, sangat dianjurkan untuk dilakukan karena terdapat berbagai keistimewaan di dalamnya.

Imam Ibnu Al-Muflih dalam Kitab Al-Furu' menjelaskan "Dianjurkan puasa sepuluh hari bulan , dan yang paling dianjurkan adalah pada tanggal 9 , yaitu hari Arafah, menurut kesepakatan (ijma') ulama."

Berikut 6 Keistimewaan Puasa Arafah:

1. Menghapus dosa setahun lalu dan yang akan datang

Dilansir dari Bimas Islam Kemenag RI, Nabi Shallalahu 'alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah. Beliau menjawab, "Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." (HR. Muslim no. 1162).

2. Bernilai 1000 hari berpuasa di luar Arafah

Puasa Arafah memiliki keistimewaan yang bernilai lebih dari 1000 hari berpuasa di luar hari Arafah. Hadist riwayat Imam Al-Baihaqi dari Sayyidah Aisyah berkata, Rasulullah SAW pernah bersabda, "(Keutamaan) puasa hari Arafah seperti puasa 1000 hari (di luar hari Arafah).

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO