Pemkot Kediri Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Rumah di Pocanan

Pemkot Kediri Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Rumah di Pocanan Siti Aisyah tampak gembira saat didatangi petugas yang akan menyerahkan bantuan. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri melalui dinas sosial (dinsos) kembali meyerahkan bantuan logistik kepada Siti Aisyah (69), korban kebakaran rumah di Jl. Ronggowarsito, Kelurahan Pocanan.

Selain logistik, dinsos juga membantu evakuasi terhadap Iswahyudi Hidayat (36), anak dari Siti Aisyah, untuk dibawa ke RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat Lawang, Jumat (26/5).

Iswahyudi adalah pelaku yang membakar rumahnya sendiri. Diketahui, dia mengalami gangguan jiwa (ODGJ).

Paulus Luhur Budi, Kepala , mengatakan pihaknya juga mengevakuasi Isnaini Hidayat (40), kakak dari Iswahyudi. Keduanya merupakan ODGJ yang selama ini masuk pantauan dinas sosial.

Paulus mengungkapkan sebelum terjadinya kebakaran, dinsos sempat menawarkan bantuan untuk membawa kakak-beradik tersebut ke rumah sakit jiwa agar mendapatkan perawatan. Namun, pihak keluarga menolak karena ingin merawat keduanya di rumah.

"Kami dengan dinkes sudah memberikan penanganan sejak lama dan sudah pernah kita sarankan agar mereka disembuhkan. Kita lakukan terapi atau pengobatan di RSJ, namun dari pihak keluarga tidak mendukung. Setelah terjadi musibah kebakaran, kita lakukan pendekatan lagi dan akhirnya pihak keluarga setuju," tuturnya, Selasa (6/6/2023).

Menurut Paulus, dinas sosial akan menjemput Iswahyudi dan Isnaini lagi untuk diserahkan kembali ke keluarganya apabila kondisi mereka nantinya dinyatakan membaik.

Bantuan untuk Siti Aisyah juga diberikan dalam bentuk uang tunai senilai Rp7 juta yang berasal dari Baznas Kota Kediri. Baznas juga menyerahkan untuk Ichsanuddin, tetangga korban yang terdampak kebakaran, sebesar Rp3 juta. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO