Bupati Gresik Luncurkan Mesin RDF Pengolah Sampah Menjadi Bahan Bakar

Bupati Gresik Luncurkan Mesin RDF Pengolah Sampah Menjadi Bahan Bakar Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani saat mencoba mesin RDF untuk pembuatan briket. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani meluncurkan mesin Refused Derived Fuel (RDF) untuk menciptakan energi alternatif dari sampah.

sendiri merupakan teknologi dalam pengelolaan sampah melalui proses homogenizers menjadi ukuran lebih kecil. Hasilnya, akan menjadi sumber energi bahan bakar alternatif berupa briket.

Briket dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar industri dan industri rumahan.

Bupati mengatakan, pengolahan sampah akan menjadi prioritas utama yang akan diselesaikan hingga tahun 2024. ini, sebagai gebrakan dalam menangani gunung sampah di Gresik.

"Pada momen Hari Lingkungan Hidup (HLH) se-dunia ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik mampu tampil apik dalam menangani sampah dengan cara diolah secara modern. Ini menjadi sebuah langkah awal dalam penanganan sampah, karena sampah di Gresik sejak jaman kemerdekaan hanya ditumpuk saja," ungkapnya.

Menurutnya, mesin RDF ini telah beroperasi sejak April 2023 lalu, dan sudah mengolah sampah sebanyak 2,5 ton per jam, serta telah menghasilkan briket sebanyak 100 kg per jam.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO