Terima Tim Penilai Lomba 10 Program PKK, Bupati Ikfina Berharap Cinandang Raih Prestasi Gemilang

Terima Tim Penilai Lomba 10 Program PKK, Bupati Ikfina Berharap Cinandang Raih Prestasi Gemilang Bupati Ikfina berharap Desa Cinandang mendapatkan prestasi gemilang.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Desa Cinandang, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten sukses masuk 3 besar lomba desa dan kelurahan serta pelaksana terbaik 10 Program Pokok PKK Jawa Timur. Desa di utara Sungai Brantas tersebut mendapat penilaian dari tim yang sudah mulai bergerak ke lokasi.

Kedatangan tim tersebut disambut langsung oleh Bupati Ikfina Fahmawati di rumah dinas Bupati , Senin (19/6) baru lalu. Dalam pertemuan di Pringgitan tersebut terungkap bupati menaruh harap yang besar terhadap kemenangan desa ini.

Baca Juga: Di Pelantikan Perhiptani Mojokerto Periode Baru, Bupati Ikfina Harap Adanya Generasi Muda Cinta Tani

"Mudah-mudahan nanti untuk penilaian ini jauh lebih baik daripada penilaian pada saat pelaksana terbaik gotong royong masyarakat tingkat Provinsi Jatim," harapnya.

Penilaian ini didasarkan pada beberapa indikator. Seperti pelaksanaan pemerintahan desa, kewenangan desa, keuangan, akuntabilitas desa, indikator administrasi, identitas, dan batas.

Tidak hanya itu, terdapat indikator kinerja, partisipasi masyarakat, kapasitas dan inisiatif, ekonomi, kemiskinan, dan investasi. Juga indikator teknologi informasi dan inovasi,indikator lembaga kemasyarakatan dan adat budaya, indikator PKK. Selanjutnya, indikator keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan dan indikator tanggap bencana.

Baca Juga: ​Peringatan Maulid Nabi di Ponpes Sabiul Muttaqien, Khofifah: Gravitasi Kuat Syafaat Rasul

Bupati Ikfina juga mengungkapkan, usaha Desa Cinandang dalam meraih sejumlah prestasi tidak lepas dari komitmen kepala desa dan TP PKK, serta terdapat pula dukungan penuh yang diberikan oleh seluruh masyarakat Desa Cinandang.

"Saya melihat semangat Bapak Kepala Desa Cinandang didampingi Ibu Ketua TP PKK Desa Cinandang memang sangat luar biasa. Beliau berdua juga sangat dicintai warganya dan punya komitmen yang mulia untuk memajukan desa," terangnya.

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten juga mengatakan, ke depannya Pemkab akan memberikan bantuan keuangan (BK) desa untuk Desa Cinandang sebagai bentuk apresiasi.

Baca Juga: 24.000 Relawan Barra-Rizal Konsolidasi, Jenderal (purn) Tony, Tim Prabowo Kagum, Turun ke Mojokerto

"Kami siap ke depannya untuk memberi BK Desa di APBD sebagai bentuk reward. Harapan kami kalau panjenengan semua tim penilai dapat memberi apresiasi untuk Cinandang, ini akan menjadi semangat bagi desa-desa lain untuk menyusul berprestasi juga," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala DPMD Provinsi Jawa Timur Budi Sarwoto mengapresiasi keberhasilan Pemkab dalam pembinaan ini. Termasuk pembinaan Desa Kesiman yang mendapatkan penilaian terkait BUMDes.

"Belum satu bulan kami menilai Lomba Gotong Royong Terbaik Provinsi Jawa Timur 2023 Jumat (12/5), hari ini kita akan menilai lagi dua lomba. Ini menandakan Desa Cinandang bukan kaleng-kaleng, karena mendapat pembinaan yang baik dari Pemerintah Kabupaten . Minggu kemarin saya juga baru selesai menilai Desa Kesiman Kecamatan Trawas dalam lomba BUMDesa yang masuk 5 besar," ujarnya.

Baca Juga: Marak Love Scam Kedok Pengadaan Pulsa, PT Order Kuota Buka Suara soal Modus Penipuan ini

Sejumlah pejabat teras turut hadir dalam penerimaan tim penilai lomba tersebut. Diantaranya adalah Asisten perekonomian dan Pembangunan Hariono, Ketua TP PKK Kabupaten Shofiya Hana Al Barra, Kepala DPMD Kabupaten Yudha Akbar Prabowo, Kepala Dinas Kesehatan dr. Ulum Rokhmat Rokhmawan, dan Kabag Administrasi Pembangunan Setdakab Yurdiansyah. (adv/nin/git) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO