Kunjungi Sanggar Kampung Lukis Ruslan, Bupati Kediri Siap Fasilitasi Pameran Tunggal

Kunjungi Sanggar Kampung Lukis Ruslan, Bupati Kediri Siap Fasilitasi Pameran Tunggal Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, saat berkunjung ke Sanggar Kampung Lukis Ruslan. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Hanindhito Himawan Pramana meminta Ruslan, pelukis asal Kabupaten , untuk mengadakan pameran tunggal. Ia mengungkapkan hal tersebut saat berkunjung ke Sanggar Kampung Lukis Ruslan di Desa Dawung, Kecamatan Ringinrejo, Rabu (21/6/2023).

Menurutnya, kunjungan kali ini sebagai bentuk kepedulian dirinya terhadap pelaku seni, seiring dengan dimunculkannya tagline Berbudaya sebagai destination branding baru.

Baca Juga: Teriakan Lanjutkan Sambut Kedatangan Mas Dhito di Kampanye Perdana

" berbudaya ini berkesenian salah satunya, dan saya mendorong Pak Ruslan selaku pelukis yang ada di Kabupaten supaya beliau ini segera mengadakan pameran tunggal," ucap Putra Menseskab Pramono Anung ini.

Dimulai dari Ruslan, bupati yang karib disapa Dhito tersebut berharap nantinya akan muncul pelukis lain dari Kabupaten yang bisa dikenal level nasional, bahkan internasional.

Ia pun mengaku siap memfasilitasi para pelukis ketika nantinya siap mengadakan pameran. Bisa ditempatkan di Pendopo Panjalu Jayati maupun Convention Hall. "Di mana pun boleh, nanti kita sediakan," ujarnya.

Baca Juga: Mas Dhito Sasar Kecamatan Purwoasri di Hari Pertama Kampanye

Sanggar Kampung Lukis Ruslan di Desa Dawung yang dikunjungi Dhito sendiri masih proses penyelesaian. Pun begitu, tempat itu sudah aktif digunakan kegiatan berkumpul pelaku seni lukis, termasuk mengajar seni lukis kepada warga.

Kampung Lukis Ruslan ini menjadi salah satu daya tarik yang dimililiki Desa Wisata Dawung. Dhito mengatakan bahwa keberadaan kampung lukis tersebut menjadi nilai lebih yang tidak dimiliki desa wisata lain di Kabupaten .

"Banyak desa, membuat desa wisata dengan konsep berbagi macam. Desa Dawung ini memiliki Pak Ruslan yang saat ini beliau memberikan ilmunya kepada warga yang punya bakat dan minat di seni lukis," tuturnya.

Baca Juga: Masuk Masa Kampanye, Heru Wahono Santoso Jadi Pjs Bupati Kediri

Selain berdiskusi, Dhito dalam kunjungannya juga melihat-lihat lebih dekat karya-karya Ruslan yang mengambil aliran realis. Banyak lukisan berukuran besar terpajang di dinding yang menggambarkan suasana pedesaan.

Selain itu di bagian dinding lain juga tengah dalam pengerjaan untuk dilukis 3 dimensi. Salah satu yang sudah terlihat hampir selesai merupakan lukisan kawanan gajah.

Secara terpisah, Ruslan mengungkapkan bahwa Sanggar Kampung Lukis yang didirikan dirintis sejak awal pandemi Covid-19. Setidaknya ada sekitar 100 orang belajar melukis di sanggar miliknya.

Baca Juga: Bekali Kiat Menulis Berita Ekonomi, ​BI Kediri Gelar Capacity Building dan Media Gathering

Kehadiran Bupati ke sanggar miliknya diakui sangat memotivasi dirinya. Dorongan untuk mengadakan pameran tunggal menurut dia menjadi tantangan karena saat ini dia masih berkonsentrasi menyelesaikan pembangunan sanggar.

Terlebih untuk menghasilkan satu karya lukis realis setidaknya waktu yang dia butuhkan lebih dari satu bulan.

"Semoga saja nanti bisa, karena saat ini PR saya harus menyelesaikan yang 3D karena berkaitan dengan desa wisata, mau tidak mau saya harus gas pol supaya segera cepat selesai," kata Ruslan. (adv/pkp)

Baca Juga: Tak Mau Obral Program Fantastis, Mas Dhito Pilih Realistis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO