Diskoperindag Bondowoso: Awal Ramadhan Harga Sembako Mengalami Kenaikan

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan oleh Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperindag) Bondowoso, perkembangan harga sembilan bahan pokok (sembako) kebutuhan masyarakat mulai dari barang strategis dan barang penting lainnya mengalami kenaikan di awal bulan suci Ramadhan.

Dari hasil monitoring yang dilakukan di berbagai pasar yang ada di Bondowoso, ada beberapa komoditi khususnya sembako dan sayuran yang mengalami perubahan kenaikan harga dibandingkan dengan harga sebelum bulan puasa.

Baca Juga: Menteri PDTT Panen Pisang Cavendish, Emil: Pemprov Dukung Pengembangan Ekspor

“Dari hasil monitoring pada minggu ke III bulan Juni 2015 memang mengalami kenaikan harga sembako. Namun, kenaikan tersebut tidak terlalu signifikan meskipun memasuki hari pertama bulan ramadhan,” ujar Dra. Retno Wulandari, MM Sekretaris Dinas Koprasi, Perdagangan, dan Perindustrian Bondowoso dalam surat resmi hasil monitoring harga sembako kebutuhan masyarakat, Kamis (18/6).

Menurutnya, ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga di semua pasar yang ada di Bondowoso. Di antaranya Telur Ayam Ras harga sebelumnya Rp. 19.500 menjadi Rp. 20.000, megalami kenaikan 3%. Sedangkan di pasar induk Bondowoso yang mengalami kenaikan harga adalah komoditi Cabe Merah Besar dimana harga sebelumnya Rp. 22.000 menjadi Rp. 27.000, mengalami kenaikan 23%, dan Kacang Tanah harga sebelumnya Rp. 22.000 menjadi Rp 24.000 mengalami kenaikan 9%.

Selain itu, ada beberapa komoditi di bulan puasa yang mengalami penurunan harga diseluruh pasar yang ada di Bondowoso seperti Daging Ayam Potong harga sebelumnya Rp. 29.000 menjadi Rp. 28.000 turun -3%, bawang merah harga sebelumnya Rp. 29.000 menjadi Rp. 24.000 turun (-17%).

Baca Juga: Ombudsman Jatim Serahkan Rapor Pelayanan Publik kepada Delapan Kepala Daerah, Banyuwangi Tertinggi

Sedangkan Cabe Rawit Merah mengalami penurunan harga di tiga pasar, yaitu pasar Maesan, Wonosari, Prajekan, dari harga sebelumnya Rp. 17.000 menjadi Rp. 16. 000. (gik/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO