Terima 6 PMI Korban TPPO Thailand, Gubernur Khofifah Apresiasi Sinergitas Kepolisian dan Kemenlu RI

Terima 6 PMI Korban TPPO Thailand, Gubernur Khofifah Apresiasi Sinergitas Kepolisian dan Kemenlu RI

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Enam (PMI) asal Jawa Timur yang merupakan korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Thailand diterima Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Keenam pekerja migran tersebut diterima gubernur perempuan pertama Jawa Timur setelah menandatangani berita acara dari Setditjen Protokol dan Konsuler Kemenlu RI Didik Eko Pujianto di Lobby Tribrata Mapolda Jatim, Senin (26/6) malam. Turut mendampingi dalam momen itu Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto dan Kepala BP3MI.

Para PMI tersebut berasal dari Banyuwangi dan Jember. Diantaranya berinisial AS, ZR, MNI, AR S, TAS, M dan BP.

Usai menerima enam PMI, orang nomor satu di lingkungan Pemprov Jatim menyampaikan apresiasi atas kolaborasi dan upaya perlindungan yang dilakukan pihak Kepolisian Daerah Jawa Timur () dan juga Kementerian Luar Negeri RI serta BP3MI

“Alhamdulillah, hari ini kita bersama bisa melihat saudara kita enam orang PMI korban TPPO sudah kembali ke Jatim dengan aman dan selamat. Tentunya, ini merupakan hasil kerja keras yang luar biasa baik oleh Kemenlu maupun Kepolisian Negara Republik Indonesia khususnya jajaran ,” ujarnya.

Terkait TPPO, Gubernur Khofifah berpesan bagi masyarakat Indonesia yang akan bekerja di luar negeri agar memastikan proses yang dilalui sesuai prosedur. Dan jangan pernah mencoba secara tidak resmi atau non prosedural.

Ditambahkan, terdapat sejumlah langkah preventif yang perlu dilakukan dari skala kecil yakni di tingkat desa atau kelurahan dengan sinergi tri parthit antara kepala desa, lurah dengan bhabinkamtibmas dan babinsa. Terlebih, setiap masyarakat yang akan meninggalkan daerahnya dalam jangka waktu lama, tidak mungkin lepas dari laporan kepada kades dan lurah.

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO