Mahfud MD: Pesantren Aset Besar NKRI

Mahfud MD: Pesantren Aset Besar NKRI Menkopolhukam, Mahfud MD.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Menkopolhukam, Mahfud MD, mengatakan bahwa pesantren adalah variabel yang sangat penting di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia ().

Ia mengungkapkan hal tersebut saat menjadi keynote speech Halaqah Ulama Nasional yang diselenggarakan oleh Batithah Ma'had Islamiyah PBNU dengan tema ' Sebagai Bagian dari Sistem Pendidikan Nasional: Membangun Jembatan dengan Pendidikan Umum' di Pondok Drajat, , Rabu (12/7/2023).

Baca Juga: Resmikan YES Corner Perpusda Lamongan, Bupati Yuhronur Sumbang Ratusan Buku Pribadinya

"Tidak dapat dibantah oleh siapapun bahwa peranan sangat besar artinya dalam berdirinya , baik perannya di dalam menyusun Ideologi atau pedoman hidup berasama dalam bernegara maupun secara fisik, kemudian merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan," ujarnya.

Tidak hanya sebagai bagian dari pendirian negara, pesantren juga menjadi bagian penting dari merawat dan memajukan Indonesia menjadi lebih besar dan tangguh lagi, khususnya di sektor pendidikan.

Aspek ini juga merupakan bagian dari peranan penting tokoh Islam sekaligus pendiri ormas Islam Nahdlatul Ulama (NU), yakni Hadrastus Syeikh KH Hasyim Asy'ari dengan organisasi yang dipimpinnya, yakni Masyumi (Majelis Syuro Muslimin Indonesia).

Baca Juga: Bupati Yuhronur Berangkatkan Seratus Rit Air Bersih untuk Dua Kecamatan di Lamongan

"Pondok punya peran besar, karena sebelum berdiri dan merdeka, Indonesia itu dulu organisasi yang menghimpun ormas-ormas Islam namanya Masyumi yang dipimpin oleh Kiai Hasyim Asyari, pada bulan Februari 1945 membuat 2 keputusan penting," urai Mahfud.

Dua keputusan itu yakni pembentukan Hizbullah yang menjadi cilak bakal tentara Indonesia yang saat ini. Serta pendirian sekolah tinggi Islam yang diresmikan pada tanggal 8 Juli 1945.

"Pertama, umat Islam akan membentuk Hizbullah, tentara dari kalangan rakyat untuk melawan penjajah. Ini menjadi cikal bakal tentara kita," kata Mahfud.

Baca Juga: Sempat Tak Direstui Orang Tua, Wanita Asal Lamongan ini Menikahi Pria Korsel

"Kedua, mendirikan Sekolah Tinggi Islam, 8 juli 1945 di Gondangdia Jakarta dengan membuka 2 Fakultas, yakni agama dan sosiologi," imbuhnya.

Ia menyebut, pendirian Sekolah Tinggi Islam (STI) ini yang menjadi cikal bakal dari keberadaan Universitas Islam Indonesia (UII) di Yogyakarta. Dan inilah salah satu kontribusi besar dari kalangan untuk perkembangan Indonesia menurut Mahfud MD.

"Ketika pemerintau hijrah ke Jogja, maka STI ini pindah juga ke Jogja karena ketua perguruan tinggi Mohammad Hatta Wapres pindah juga ke Jogja. Dan sekarang STI itu menjadi UII di Jogja. Itu kreasi kiai Hasyim Asyari," tuturnya.

Baca Juga: Kepala Kemenag Lamongan Launching Aplikasi Audiobook Bimwin

Peranan Islam kemudian semakin besar sejak era itu. Dimana banyak sekali zona penting di yang bisa diisi oleh kalangan Islam termasuk . Lagi-lagi kata Mahfud, ini adalah kontribusi besar dari kalangan pesantren saat itu, yakni Menteri Agama KH Wahid Hasyim, yang notabane adalah putra dari Kiai Hasyim Asyari.

"Ketika kiai Wahid Hasyim menjadi Menteri Agama itu dikeluarkan peraturan bersama dengan Menteri Pendidkkan dan Pengajaran, dimana sekolah lulusan pesantren yang berjenjang itu sama civil effect-nya dengan pendidikan umum," jelasnya.

Dengan demikian, sekolah-sekolah Islam berjenjang baik dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga sekolah tinggi berbasis Islam pun bisa setara dan sederajat dengan sekolah negeri.

Baca Juga: Ba'alawi dan Habib Luthfi Jangan Dijadikan Pengurus NU, Ini Alasan Prof Kiai Imam Ghazali

"MI sama dengan SD, Tsanawiyah sama dengan SMP, Aliyah sama dengan SMA, Al Jamiah IAIN dibentuk dulu AIDA lalu dinamakan dengan pergurian tinggi lalu lahir IAIN-IAIN itu," terang Mahfud.

Atas dasar itu semua, Mahfud MD mengatakan bahwa terkonfirmasi bahwa dan kalangan Islam sudah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi kemerdekaan Indonesia hingga saat ini.

"Dengan demikian, kalangan pesantren dan umat Islam telah memberikan sumbangan besar dan menyiapkan kader-kader bangsa," pungkasnya. (*)

Baca Juga: Sama Pernah Naik Jet Pribadi, Tapi Mahfud MD Bukan Gratifikasi, Kaesang Belum Berani Klarifikasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO