Operasi Patuh Semeru 2023, Satlantas Polrestabes Surabaya Tegur 43.330 Pengendara

Operasi Patuh Semeru 2023, Satlantas Polrestabes Surabaya Tegur 43.330 Pengendara Petugas saat memberhentikan pengendara yang melanggar peraturan berlalu lintas dalam Operasi Patuh Semeru 2023.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Petugas dari Satlantas Polrestabes menegur 43.330 pengendara yang melanggar lalu lintas saat 2023. Mereka yang diperingatkan yakni berkendara tidak memakai helm, melebihi batas kecepatan, pengendara di bawah umur, dan mengemudikan mobil tidak memakai sabuk pengaman.

Sedangkan pelanggar lain yang berjumlah 3.701 bernasib kurang baik karena kesalahannya terekam ETLE, sehingga harus siap-siap menunggu jadwal sidang di pengadilan untuk membayar tilang. Adapun rincian dari ribuan pengendara yang melanggar peraturan lalu lintas terdiri dari 2.547 penindakan dari ETLE Statis, 449 ETLE Mobile, dan 705 tilang manual.

“Tingkat kedisiplinan pengendara relatif membaik, khususnya pada pagi, siang dan sore hari. Dibanding tahun lalu, jumlah pelanggar semakin menurun,” kata Kasatlantas Polrestabes , AKBP Arif Fazzlurahman, Rabu (19/7/2023).

"Masih banyak masyarakat yang belum patuh dengan aturan lalu lintas, seperti misalnya tidak menggunakan helm. Pada 2023 sebanyak 337 pelanggar. Sementara pada periode 2022 sebanyak 520 pelanggar," paparnya.

"Artinya, ada peningkatan kepatuhan tentang manfaat mengunakan helm. Kalau beberapa bulan lalu jangankan malam hari, siang hari kita masih lihat pengendara yang jelas-jelas melanggar di jalur protokol tengah kota," imbuhnya.

Menurut dia, hal tersebut karena aplikasi ETSP (elektronik teguran presisi elektronik) yang menitikberatkan tentang teguran bukan tilang. Namun, NIK para pengendara yang melanggar akan disimpan di data Satlantas Polrestabes  sebagai bahan pertimbangan saat mengurus SIM dan SKCK.

“Mungkin dari aplikasi terbaru itu sehingga para pengendara lebih disiplin,” tuturnya.

Pihaknya pun bakal kerap menindak di lokasi yang memiliki angka pelanggaran tinggi. 

"Daerah perbatasan , wilayah Utara perbatasan dengan Perak, seperti Kedung Cowek, banyak pelanggaran di siang hari seperti melawan arus, nah itu kami treatment terus. Dengan cara menindak secara tegas melalui tilang. Harapannya masyarakat di lokasi itu semakin meningkat kepatuhannya," urai Arif. (rus/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO