Kepala Kemenag Pamekasan Bantah Isu Jual Beli Porsi Haji

Kepala Kemenag Pamekasan Bantah Isu Jual Beli Porsi Haji Kepala Kemenag Pamekasan, Mawardi.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Kemenag , Mawardi, membantah adanya tudingan terkait jual beli porsi haji di Bumi Gerbang Salam pada tahun ini.

"Porsi haji itu tidak bisa diperjualbelikan, karena itu sistemnya diatur Siskohat (sistem komputerisasi haji terpadu) dan ini pengendalinya langsung dari pusat, Kemenag pusat. Jadi kabupaten tidak mungkin bisa merubah sistem tersebut," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (19/7/2023).

"Seandainya ada jamaah yang membatalkan porsi hajinya maka otomatis porsi hajinya hilang dengan sendirinya, dan tidak bisa digantikan oleh orang lain karena itu sistem," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag , Abdul Halim, menyebut informasi terkait isu jual beli porsi haji merupakan kabar bohong atau hoax.

"Tidak mungkin ada jual beli porsi haji di kemenag . Kita mengikuti sistem yang diatur dari Kemenag pusat Tupoksi seksi haji hanya menerima pendaftaran, melayani pemberangkatan, dan melayani pemulangan jamaah haji sesuai dengan urutan porsi haji pada tahun berjalan, dan data jamaah yang berhak diberangkat ditentukan oleh siskohat," paparnya. (dim/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO