Fengsui itu Klenik atau Ilmiah?

Fengsui itu Klenik atau Ilmiah? Dahlan Iskan

BANDUNG, BANGSAONLINE.com Ini mungkin doktor pertama tentang . Ia mengangkat tema tentang dalam disertasinya. Akankah diakui sebagai ilmu seperti yang sebelumnya juga dianggap tak ilmiah?

Silakan baca tulisan Dahlan Iskan, tokoh pers kondang, di HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE pagi ini, Senin 31 Juli 2023. Selamat membaca:

BANDUNG siang dan malam. Siang menghadiri ujian terbuka Doktor Shidi Wiguna Teh di Unpar. Malamnya bertemu lebih 500 pengusaha warga Min Nan.

Anda sudah tahu: Sidhi arsitek FT Universitas Tarumanegara Jakarta berhasil jadi doktor di FT jurusan arsitektur Universitas Parahyangan, Bandung: bahwa itu ilmiah. Tentu sepanjang menggunakan alat yang disebut luopan. Atau juga disebut kompas geomantic. "Tanpa luopan, menjadi ", katanya.

Masih perlu waktu bagi untuk diakui sebagai ilmu oleh dunia barat. "Akupunktur pun begitu. Dulunya tidak diakui. Sekarang WHO sudah mengakui," ujar Sidhi yang mempelajari sampai habis sekitar Rp 800 juta.

Sidhi lantas melakukan penelitian di SCBD Jakarta. Di superblok Distrik 8. Di situ dibangun beberapa tower perkantoran dan apartemen. Juga ada mal: Astha. Saya sering makan di mal ini. Tinggal jalan kaki dari rumah. Remaja Jakarta sering mejeng di situ. Swafoto. Mereka bilang ini Manhattan-nya Jakarta.

Sebagai master planologi perkotaan, Sidhi meneliti konsep ruang dalam pemikiran Barat. Lalu membandingkan dengan konsep ruang di pemikiran Timur (baca: Tiongkok).

Di samping belajar , Sidhi juga meneliti ratusan literatur arsitektur dan di barat dan timur.

Bahwa yang diteliti adalah Distrik 8 SCBD, Sidhi melihat kontrasnya terasa sekali di situ. Di situlah bangunan-bangunan yang sangat modern tapi menerapkan prinsip paling nyata.

Gedung-gedungnya bagus, materialnya istimewa, kawasannya indah. Dan penerapan nya paling terlihat.

"Lihatlah betapa banyak air dan air mancur di Distrik 8. Cara meletakkan air pun sangat mempertimbangkan ," katanya. "Unsur air sangat penting dalam ," kata Sidhi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO