Tangerang Selatan Kota Terpolusi Juli 2023, Setara Isap Rokok 112 Batang

Tangerang Selatan Kota Terpolusi Juli 2023, Setara Isap Rokok 112 Batang Foto Ilustrasi Kota Berpolusi di Indonesia

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi kota paling berpolusi di Indonesia, dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Laporan ini dirilis oleh Perusahaan Kualitas Udara Berbasis Teknologi, Nafas, pada Kamis (10/8/2023).

Hal tersebut tercatat dalam laporan kota dengan polusi udara terburuk di Indonesia pada Juli 2023. Data kualitas udara tersebut diperoleh dari low cost sensor yang berada di 180 titik dari lokasi dan menayangkan peredaran wilayah 1-2 km dari lokasi sensor terpasang.

BACA JUGA:

Kota Tangsel, yang berada di wilayah Serpong menjadi lokasi paling berpolusi di Indonesia dengan rata-rata PM2.5 yang dihasilkan sebesar 80 µg/m³ diberi simbol kode warna merah yang diartikan dengan tidak sehat bagi semua orang.

Diketahui, pengukuran polusi dilakukan sesuai partikel PM2.5 dengan standar WHO. Dalam satuan mikrogram (µg) per meter kubik (m³).

Buruknya kualitas udara yang terjadi di Serpong setara dengan mengisap 112 batang rokok per bulan. Pengukuran jumlah ekuivalen rokok itu diukur berdasarkan rata-rata polusi PM2.5 dalam sehari 22 µg/m³ yang setara dengan 1 batang rokok.

Selain Tangsel, ada Tarumajaya, Bekasi yang berada di urutan selanjutnya sebagai kota berpolusi di Indonesia dengan 79 µg/m³. Sementara itu Parung Panjang, Bogor dengan 70 µg/m³ berada di urutan ketiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO