Hadapi Era Ekonomi Kompetitif, Bank DKI dan Pemprov DKI Beri Pelatihan untuk Pelaku UMKM

Hadapi Era Ekonomi Kompetitif, Bank DKI dan Pemprov DKI Beri Pelatihan untuk Pelaku UMKM Pembayaran QRIS yang dilakukan nasabah Bank DKI di pasar tradisional.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com dalam kolaborasinya bersama pemerintah daerah setempat sebagai bentuk komitmen dukungan dan pemberdayaan menggelar program edukasi literasi keuangan.

Kegiatan yang dikemas dalam pelatihan bertajuk 'Mental Wirausaha dan Literasi Pengelolaan Keuangan Pribadi' itu diikuti lebih dari 500 pelaku binaan Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Administratif Jakarta Timur atau yang dikenal dengan JakPreneur. 

Adapun pelatihan yang telah dilakukan sepanjang periode Juli 2023 ini telah dilaksanakan di 10 wilayah Kecamatan di DKI Jakarta, yakni: Cakung, Duren Sawit, Jatinegara, Pulo Gadung, Matraman, Kramat Jati, Kampung Makassar, Pasar Rebo, Cipayung dan Ciracas.

Direktur Teknologi & Operasional yang merangkap sebagai Plt Direktur Utama , Amirul Wicaksono, menyampaikan bahwa program pelatihan literasi keuangan tersebut merupakan komitmen untuk mendorong para pelaku agar siap menghadapi tantangan dan menyambut peluang di era ekonomi yang semakin kompetitif. 

”Dengan pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik dalam pengelolaan keuangan, diharapkan dapat mengelola usaha secara lebih efisien dan berkualitas, sehingga meningkatkan daya saing serta dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Sabtu (19/8/2023).

mencatatkan penyaluran KUR pada tahun 2022 sebesar 100% dari kuota atau sebesar Rp1,15 Triliun kepada kurang lebih 6.023 pelaku usaha UMK dan Mikro. Adapun untuk tahun 2023, mendapatkan porsi sebesar Rp2,8 Triliun dengan rincian alokasi konvensional sebesar Rp2 triliun, dan Syariah sebesar Rp800 miliar.

Amirul menegaskan, akan terus berkomitmen bukan hanya memperluas akses kredit/pembiayaan, melainkan juga terus mendorong pemberdayaan dan melakukan pendampingan agar dapat tumbuh dan berkembang dalam menopang perekonomian daerah dan nasional. 

“Program yang telah berjalan merupakan pilot project dan kedepannya akan dilanjutkan ke wilayah DKI Jakarta lainnya,” ucapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO