Peringati HUT ke-78 KAI, Daop 7 Madiun Hadirkan Rail Clinic dan Library di Caruban

Peringati HUT ke-78 KAI, Daop 7 Madiun Hadirkan Rail Clinic dan Library di Caruban Para siswa dan siswi SD Pandean saat menerima penjelasan tentang penyakit mata. Foto: HENDRO SUHARTONO/BANGSAONLINE

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati HUT ke-78 , Daop 7 menghadirkan serangkaian kegiatan berupa layanan kesehatan kereta sehat (Rail Clinic) dan layanan kereta pustaka (Rail Library). Agenda tersebut berlangsung di Stasiun Caruban, Kabupaten , Selasa (26/9/2023).

Pelayanan kesehatan tingkat pertama diperuntukkan bagi masyarakat yang menerima undangan dan dilakukan di Rail Clinic generasi ke-4 yang meliputi Pemeriksaan Poli Umum, Pemeriksaan Poli Gigi, pemeriksaan kandungan ibu hamil, pemeriksaan mata serta pemberian Obat-obatan sesuai dengan resep dokter poli oleh Apoteker

Selain itu, PT juga memberikan alat bantu penglihatan (kacamata) secara gratis untuk 26 siswa-siswi SDN Pandean 1 dan SDN Purwosari 1 Kabupaten . Sejumlah hal ini dibeberkan Manajer Humas Daop 7 , Supriyanto.

Ia juga mengatakan bahwa pada kegiatan bakti sosial di Stasiun Caruban, menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 3 dokter umum, 2 dokter gigi, 2 bidan, 2 apoteker, dan 8 paramedis.

Terkait rail library atau kereta pustaka, para pelajar serta masyarakat sekitar yang hadir dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di sana, seperti ratusan buku bacaan, dan dilengkapi pula dengan fasilitas e-library atau perpustakaan elektronik berupa 6 buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, yang terkoneksi dengan internet.

"Rail Library merupakan layanan perpustakaan diatas kereta, dimana didalamnya terdapat taman baca bagi siswa sekolah, juga edukasi tentang perkeretaapian," kata Supriyanto.

Dalam rangkaian kegiatan Bakti Sosial ini juga dilaksanakan edukasi kesehatan gigi dan mulut, edukasi keamanan dan keselamatan perjalanan KA kepada masyarakat yang hadir.

"Diharapkan, dengan adanya pengobatan melalui Rail Clinic di Stasiun Caruban ini, dapat memberikan nuansa yang baru dan semakin menyehatkan Masyarakat. Serta bagi masyarakat yang tinggal berdekatan dengan Stasiun atau rel kereta api, untuk sama-sama menjaga keamanan perjalanan kereta api dan aset-aset ," urai Supriyanto.

Kegiatan peringatan HUT ke-78 oleh PT. Daop 7 di Stasiun Caruban ini menghadirkan sebanyak ratusan warga sekitar stasiun. (dro/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO