P4NJ Surabaya Raya Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad dan Seminar di Kodam V/Brawijaya

P4NJ Surabaya Raya Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad dan Seminar di Kodam V/Brawijaya Pengasuh PP Nurul Jadid, KH Zuhri Zaini. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pembantu Pengurus Pondok Pesantren Nurul Jadid (P4NJ) Raya menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H dan seminar santri menghadapi era globalisasi di Balai Prajurit Kodam V/Brawijaya, Kamis (28/9/2023).

Ketua P4NJ , Abdul Rochman, menyatakan agenda tersebut merupakan penggabungan antara peringatan hari besar Islam, yakni Maulid Nabi Muhammad SAW dan menyambut Hari Santri 2023 yang jatuh pada tanggal 22 Oktober.

"Kita ingin melakukan refleksi bahwa santri mempunyai peran besar dalam mempertahankan republik ini dan juga melakukan dakwah-dakwah Islam yang Rahmatal Lil Alamin. Bahkan semangat hari santri inilah lahir dari maklumat Resolusi Jihad Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober Di Kota ," paparnya, Rabu (27/9/2023).

Dalam perjalanan Republik Indonesia berdiri sampai saat ini banyak peran dan jasa para santri. Maka dari itu, lanjut Cak Dodong, panggilan akrab Ketua P4NJ ini, seminar santri yang mengambil tema menghadapi tantangan di era globalisasi merupakan wujud dari pengejawantahan dawuh dari Pendiri Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, KH Zaini Mun'im.

“Orang yang Hidup di Indonesia, kemudian tidak melalukan perjuangan dia telah berbuat maksiat. Orang yang hanya memikirkan pendidikan dan ekonominya sendiri, maka orang itu telah berbuat maksiat. Kita semua harus memikirkan perjuangan orang banyak," kata Dodong.

Artinya, kegiatan seminar ini menjadi bukti bahwa santri tidak lagi diidentikan dengan kaum sarungan tradisional yang hanya berkutat pada kitab kuning. Tapi santri juga menjadi penyanggah republik ini dengan memberikan kontribusi besar pada dunia pendidikan, ekonomi, sosial kemasyarakatan dan teknologi informasi.

Kegiatan Maulid Nabi Muhammad 1445 H ini akan dihadiri oleh dewan Pengasuh PP Nurul Jadid Paiton Probolinggo khususnya Pengasuh PP Nurul Jadid KH Zuhri Zaini, para alumni, santri, wali santri, dan simpatisan yang berada di ,Gresik, dan Sidoarjo. Ceramahnya akan diisi oleh KH Musleh Adnan dan KH Muhammad Nur Hayyid.

Sedangkan untuk kegiatan seminar santri menghadapi tantangan era globalisasi ini akan dihadiri dan diisi langsung oleh Kepala Pesantren PP Nurul Jadi KH Abdul Hamid Wahid, Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, Pangdam V Brawijaya Mayjend Farid Makruf, Walikota Eri Cahyadi, Prof. Masud Said, Prof Dr Moh Khusnuridlo, Prof Drs Wibisono Hardjo Pranoto, Ma'ruf Nidhomuddin dan dimoderatori oleh Dr Moh Syaeful Bahar.

"Acara ini juga akan dihadiri para P4NJ yang tersebar di seluruh Indonesia maupun di luar negeri seperti Singapura, China, Amerika Serikat, Brunei Darussalam," ucap Dodong. (mdr/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO