Terima Program Kurma, Ibu di Sidoarjo ini Bisa Bantu Geliatkan Ekonomi Keluarga

Terima Program Kurma, Ibu di Sidoarjo ini Bisa Bantu Geliatkan Ekonomi Keluarga Penerima program Kurma 2022, Luluk Masruhah, saat melayani pembeli di warungnya. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Program Kelompok Usaha Perempuan Mandiri (Kurma) yang dijalankan Pemkab dinilai sukses membantu ekonomi keluarga. Hal tersebut disampaikan salah satu kelompok perempuan penerima Kurma 2022, Luluk Masruhah, warga Desa Plumbungan RT 1 RW 1 Kecamatan Sukodono.

"Suami saya guru honorer, gajinya sedikit. Untung ada Program Kurma, Saya bisa usaha untuk membantu ekonomi keluarga saya," ujarnya kepada awak media, Senin (16/10/2023).

Berbekal modal awal dari program Kurma, Luluk beserta 4 ibu-ibu lainnya mendirikan usaha kuliner seperti warung kopi, ketan, dan kolak kacang ijo. Ia pun bercerita awal mula mendapatkan bantuan modal program dari Pemkab itu.

Ia mengetahuinya dari ibu-ibu PKK desa setempat, bahwa ada bantuan modal usaha kecil untuk ibu-ibu yang tidak bekerja alias hanya ibu rumah tangga. Program tersebut bernama Kurma (Kelompok Usaha Perempuan Mandiri). 

"Mengetahui ada program tersebut, akhirnya saya bersama ibu-ibu di Desa Plumbungan ini mengajukan," kata Luluk.

Karena tidak mengetahui syarat dan dokumen yang harus disiapkan, ia pun meminta informasi dan bantuan pamong atau perangkat desa setempat. Setelah dokumen dan syarat terpenuhi, Luluk beserta 4 anggotanya mengajukan untuk mendapatkan bantuan modal ke Pemkab .

"Alhamdulillah, dokumen dan syarat kami lengkap, dan akhirnya kami di tahun 2022 kemarin mendapatkan modal usaha dari Program Pak Bupati itu sebesar Rp 8 juta," bebernya.

Ia menambahkan, bermodal bantuan dana Rp8 Juta dari Program Kurma ini, ia dan empat temannya, membuka usaha kuliner. Tak puas, kelima ibu rumah tangga ini pun membesarkan usahanya untuk berjualan nasi.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO