BPK Wilayah XI Jatim Lakukan Ekskavasi Situs Petirtaan di Kawasan Bandara Internasional Dhoho Kediri

BPK Wilayah XI Jatim Lakukan Ekskavasi Situs Petirtaan di Kawasan Bandara Internasional Dhoho Kediri Tim BPK Wilayah XI Jatim saat sedang melakukan pengukuran di lokasi situs. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tim dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI Jawa Timur melakukan ekskavasi terhadap situs peninggalan berupa petirtaan pada era Kerajaan atau Majapahit di kawasan Bandara Internasional Dhoho . Tepatnya Dusun Tanjung, Desa Grogol, Kecamatan Grogol, Kabupaten , Selasa (24/10/2023).

Ketua Tim Ekskavasi Mohammad Ichwan mengatakan situs ini berupa petirtaan yang berasal dari masa klasik Hindu-Budha.

Namun Ichwan belum bisa memastikan dari era kerajaan mana situs petirtaan tersebut. Pihaknya baru bisa menentukan situs itu berasal dari kerajaan mana setelah ekskavasi selesai.

"Karena masih dalam proses penggalian, maka kami belum bisa memastikan," kata Ichwan, Selasa (24/10/2023).

Namun, Ichwan memastikan situs itu berasal dari Kerajaan dan Majapahit. Sebab, struktur batu batanya memiliki panjang 33 cm, lebar 22 cm, dan tebal 7 cm. Sedangkan untuk luas area saat adalah 12 x 12 meter.

Saat tim tiba di lokasi, hanya menyisakan satu struktur dari utara ke selatan. "Sebenarnya tim dari Balai Pelestarian Budaya Wilayah XI juga sudah melakukan penelitian di situ, dan kami dapatkan kondisi ini," katanya.

"Dari ekskavasi ini, (didapati) struktur itu berdenah ke arah utara, yang dibatasi dinding barat, selatan, dan timur. Lalu, di sisi dalam bilik berukuran lebar 160 sentimeter (cm) dan panjangnya ke arah utara. Kemudian di dinding selatan bagian bawah ada sebuah lubang tembus, ukuran 27 cm dan tingginya 56 cm, jenisnya ini petirtaan," paparnya.

"Sejauh ini belum ada temuan penyerta, seperti arca, jadi masih struktur. Ekskavasi ini dilakukan sudah masuk hari ke-8. Insyaallah besok hari terakhir ekskavasi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten dan kami dari Balai Pelestarian Budaya Wilayah XI," tutupnya.

Seperti diketahui, pada saat awal dimulai pembangunan proyek Bandara Internasional Dhoho 2020 lalu, telah ditemukan sebuah situs yang diyakini peninggalan era kerajaan masa lalu. Situs tersebut ditemukan di Dusun Tanjung, Desa Grogol, Kecamatan Grogol, Kabupaten .

Lokasi penemuan benda bersejarah ini berada persis di sebelah barat landasan pacu dan menara kontrol Bandara Internasional Dhoho . Rencana ke depan, lokasi ini akan diberi tutup berupa cungkup dan diharapkan bisa menjadi tujuan wisata sejarah di Kabupaten . (uji/git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO