Gandang Natamata Eyewear, Eyelink Foundation Gelar Pemeriksaan Mata Gratis dan Bagikan Kacamata Baca

Gandang Natamata Eyewear, Eyelink Foundation Gelar Pemeriksaan Mata Gratis dan Bagikan Kacamata Baca Pemeriksaan gratis Eyelink Foundation bersama Natamata Eyewear di Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - bersama Natamata Eyewear menggelar pemeriksaan mata dan memberikan kacamata baca gratis bagi pekerja non sektoral dalam memperingati hari penglihatan dunia atau ‘World Sight Day’.

Aksi sosial yang bertemakan ‘Love Your Eyes at Work’ tersebut, menyita perhatian masyarakat, sehingga datang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mata secara gratis di Desa Kedensari, Jumat (27/10/2023).

Kegiatan tersebut, telah dilakukan secara bertahap mulai dari pertengahan Oktober 2023, dan akan membagikan 5.000 kacamata baca gratis. Selain itu, kegiatan ini, telah dilakukan secara bergantian di beberapa lokasi di Jawa Timur, diantaranya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan dan Bangkalan.

melibatkan beberapa komunitas pekerja non sektoral dan organisasi seperti, IPEMI, APPSI, Kampung Nelayan, komunitas UMKM, pengusaha warung, pengrajin shuttlecock, tas kulit, dan banyak lainnya.

Salah satu pekerja non sektoral sebagai pengrajin tas bernama Nurdin (63), merasakan keluhan buram bahkan terindikasi menderita katarak.

"Setiap saya kerja selalu ngerasa buram, apalagi kalau jahit kan harus jelas penglihatannya, jadi saya sangat merasa terganggu. Belum lagi kalau pas ngaji itu juga sudah gak jelas ngeliat tulisannya. Setelah diperiksa ternyata saya memiliki Katarak, sehingga perlu untuk pemeriksaan lanjutan," kata Nurdin.

Salah satu tim dokter mata , dr. Rina Wulandari Sp.M menjelaskan, pekerja sektor non formal masih banyak yang kurang memperhatikan kesehatan mata, khususnya bagi usaha rumahan.

Sehingga momen WSD ini, merupakan waktu yang tepat dalam meningkatkan kepedulian masyarakat, khususnya pekerja terhadap kesehatan mata.

"Adanya gangguan penglihatan dapat dicegah dengan rutin melakukan periksa mata. Minimal 6 bulan sekali anda dapat memeriksakan kesehatan mata untuk mendeteksi adanya keluhan," tuturnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO