Optimalkan TPS3R, Pemkab Kediri Raih Penghargaan dari Kementerian PUPR

Optimalkan TPS3R, Pemkab Kediri Raih Penghargaan dari Kementerian PUPR Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa saat menerima penghargaan dari Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkab meraih penghargaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) atas capaian optimasi TPS3R, atau singkatan dari tempat pengolahan sampah reduce reuse recycle. 

Apresiasi itu diterima Wakil Bupati Dewi Mariya Ulfa, yang mewakili Bupati Hanindhito pada puncak Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia Tahun 2023 di Auditorium , Senin (30/10/2023).

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan peringatan hari kota dunia ini perlu dimaknai dengan perubahan perilaku masyarakat. Karena tanpa kebiasaan tersebut, kondisi kenyamanan kota ini akan sulit terwujud.

“Kebiasaan ini harus terus didorong hingga nantinya bisa mencapai target green city pada 2045. Jadi hari habitat dan hari kota (sedunia) ini harus kita maknai betul untuk merubah kelakuan kita, merubah program-program keciptakaryaan untuk menuju green city 2045,” katanya.

Sementara itu, Dewi menyatakan penghargaan ini tidak hanya ditujukan bagi Pemkab saja, melainkan semua pihak yang selama ini memberikan perhatian penuh terhadap kondisi lingkungan di Bumi Panjalu.

“Kemarin saya mewakili Mas Bup (sapaan Bupati ) menerima penghargaan atas capaian optimasi TPS3R,” ujarnya, Selasa (31/10/2023).

Menurut dia, penghargaan ini merupakan momentum Pemkab bersama masyarakat untuk meningkatkan kebiasaan pengolahan sampah. Pasalnya, tak hanya infrastruktur saja yang menjadi faktor penentu kebersihan, namun juga kebiasaan masyarakatnya.

Ia menyebut, di Kabupaten terdapat 32 TPS3R yang aktif untuk mengelola sampah dan dari jumlah tersebut, Dewi menilai pemanfaatan TPS3R sudah optimal.

Kendati demikian, pihaknya berharap nantinya setiap desa memiliki serta mampu mengembangkan TPS3R dan diharapkan kebiasaan masyarakat terhadap lingkungan juga meningkat.

“Seperti tagline kita, Berbudaya, jadi harus ada habit (kebiasaan) buang sampah pada tempatnya,” pungkasnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO