Galeri Soekarno di Mojokerto Bakal Dibangun Bertahap, Bakal Dilengkapi Toilet

 Galeri Soekarno di Mojokerto Bakal Dibangun Bertahap, Bakal Dilengkapi Toilet

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota bakal melengkapi galeri Soekarno dengan toilet. Pemkot setempat telah menganggarkan Rp200 juta untuk membangun kebutuhan primer tersebut.

Sebelumnya, SDN Purwotengah tempat Presiden RI pertama mengenyam ilmu di tingkat dasar telah difasilitasi ruang pamer, taman, tempat parkir, musala.

"Akhir tahun ini kita membangun toilet untuk memfasilitasi galeri tersebut. Pembangunannya memang bertahap, " tutur Kepala Disdikbud, Amin Wachid, Jumat (17/11/2023).

Dihubungi melalui Sekretaris Disdikbud, Febri Emayanti, Amin mengungkapkan pihaknya mengajukan proposal ke Kemenristek RI dan BKK Propinsi Jatim. Pihaknya berharap pengajuan bantuan masing-masing Rp3,7 miliar jadi modal untuk pembangunan Soekarno Center secara utuh.

"Kami mengajukan proposal ke Kemenristek dan BKK Propinsi. Target kita adalah menggabungkan pendidikan dan pariwisata. Pendidikan berbasis budaya lokal. Pariwisatanya kena pendidikannya kena, " Pungkasnya.

Galeri Soekarno ini diharapkan menjadi destinasi wisata sejarah di Kota , ikon selain Majapahit. Sejarah tentang Koesno atau Soekarno kecil akan kembali dihidupkan di lima ruang kelas pada masa Inlandsche School ini. Termasuk satu aula yang hingga saat ini masih terjaga orisinalitas bangunannya. Karena itu, sentuhan pembuatan galeri nanti juga dilakukan dengan tidak mengubah struktur asli dari bangunan peninggalan era kolonial ini. (yep/ns) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO