Tanggul Anak Kali Lamong di Desa Dadapkuning Gresik Jebol

Tanggul Anak Kali Lamong di Desa Dadapkuning Gresik Jebol Kondisi tanggul Anak Kali Lamong di Desa Dadapkuning yang jebol. Foto kanan, gedek dan bongkotan yang akan digunakan untuk membendung aliran air. Foto: Ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Derasnya air yang mengalir di wilayah Kecamatan Cerme, mengakibatkan tanggul jebol, Sabtu (9/12/2023) pagi sekira pukul 06.30 WIB. Tanggal anak yang jebol berada di Desa Dadapkuning, Kecamatan Cerme.

Menurut Camat Cerme, Umar Hasyim, tanggul yang jebol sepanjang 3 meter dengan ketinggian sekitar 1 meter. Akibatnya, air dengan cepat meluber ke area persawahan warga.

"Air masuk ke area persawahan yang belum ditanami," tuturnya kepada BANGSAONLINE.com.

Umar telah melaporkan jebolnya tanggul ke Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik untuk segera dilakukan penanganan.

"Langkah ini dilakukan untuk mencegah agar air tidak meluber lebih luas, sehingga masuk ke permukiman warga," terangnya.

Ditambahkan Umar, sejumlah kebutuhan untuk membendung tanggul yang jebol sudah disiapkan. Antara lain, bongkotan, gedhek, serta karung.

"Bantuan berupa gedek, bongkotan, dan karung dari DPUTR dan BPBD sudah datang," pungkas Umar. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO