Pj Bupati Bangkalan akan Terbitkan Perbup, OPD Wajib Beli Produk IKM

Pj Bupati Bangkalan akan Terbitkan Perbup, OPD Wajib Beli Produk IKM Pj Bupati Bangkalan, Arief Moelia Edie, saat memberi keterangan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pj Bupati , Arief Moelia Edie, bakal menerbitkan peraturan bupati (Perbup) agar OPD setempat mendukung Industri Kecil Menengah (IKM) dengan membeli produk yang dihasilkan untuk kebutuhan kantor.

"Kita akan buat Perbup, OPD harus melakukan pengadaan di sini tidak harus lagi beli ke Surabaya kalau hanya kebutuhan seperti kaos, jersey, dan membordir. Pokoknya yang ada di IKM harus dimaksimalkan dan dimanfaatkan," ujarnya, Senin (11/12/2023).

Disebutkan, hal itu dilakukan selain untuk menghemat anggaran pengeluaran, juga membantu roda perekonomian masyakat terkhusus pelaku IKM. Hal itu disampaikan saat pemberian bantuan alat usaha bagi pelaku IKM.

"Secara tidak langsung kita semua harus terlibat ikut membantu ekonomi masyarakat selain membantu melalu pemasaran melalui sosial media kita juga harus membeli produk yang dihasilkan," katanya.

Pihaknya berjanji akan memfasilitasi pelaku usaha yang akan mengurus hak paten, serta akan menampung pelaku usaha yang tidak lolos diseleksi bantuan IKM.

"Tentunya kalau ada yang siap mendaftarkan ke Hak kekayaan intelektual (HKI) akan dibantu, untuk yang belum diterima seleksi kita akan koordinasi dengan disperinaker agar dibantu secara isidentil nantinya," urai Arief.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Disperinaker) , Qorry Yuniastuti, menyatakan bakal memberikan pelatihan serta bimbingan kepada pelaku IKM agar dapat meningkatkan kualitas dan skil guna menghasilkan produk unggulan.

"Penerima bantuan IKM harus bisa memaksimalkan alat yang ada, maka dari itu kami akan selalu melakukan pendampingan serta mengadakan pameran dan event agar produk yang dihasilkan dapat dikenal orang banyak," paparnya. (mil/uzi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO