Dialog Pesta Petasan di Desa Keras Jombang, Polisi Minta Tradisi Dihentikan

Dialog Pesta Petasan di Desa Keras Jombang, Polisi Minta Tradisi Dihentikan Mobil Polisi Patroli Di Desa Keras. (foto: rony suhartomo/BANGSAONLINE)

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Dialog antara Polres dengan masyarakat Desa Keras Kecamatan Diwek Kabupaten Jawa Timur yang terkenal dengan budaya pesta petasan pada saat lebaran Ketupat atau dalam bahasa jawa "kupatan" berjalan alot. Dalam dialog kali ini, aparat kepolisian berharap agar pesta petasan tidak diadakan.

Kabag Ops Polres , Kompol Dodot Dwianto mengatakan, dialog kali ini menghimbau agar masyarakat tidak mengadakan pesta petasan karena akan membahayakan keselamatan mereka.

"Hingga besok sore kami akan coba untuk melakukan dialog dengan masyarakat agar tidak melakukan tradisi pesta petasan seperti tahun-tahun sebelumnya," ujarnya. Rabu (22/7/2015).

Dodot menambahkan, pihaknya akan terus berupaya melakukan mediasi dengan melibatkan perangkat desa dan pemuka agama untuk meminta agar budaya pesta petasan tidak dilakukan. "Besok sore kita ajak beberapa aparatur desa dan beberapa kasat serta kapolsek dan jajaran agar ikut dalam dialog," pungkasnya.

Desa keras Kecamatan Diwek Kabupaten Jawa Timur sudah terkenal sejak dahulu jika pada Lebaran ketupat atau kupatan selalu melakukan pesta petasan. Tak jarang timbul korban jiwa dalam acara tersebut. Selain pesta petasan, Desa keras juga dikenal sebagai pusat industri petasan terbesar di Kabupaten . (jbg1/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO