Ini Harga dan Spesifikasi Asus ROG Phone 8, ROG Phone 8 Pro, dan ROG Phone 8 Pro Edition

Ini Harga dan Spesifikasi Asus ROG Phone 8, ROG Phone 8 Pro, dan ROG Phone 8 Pro Edition Asus Rog Phone 8.

BANGSAONLINE.com - telah secara resmi merilis seri terbaru mereka, yaitu Series, ke pasar global. Mereka memperkenalkan tiga model, yakni , Pro, dan Pro Edition.

Semuanya diperkenalkan pada Consumer Electronics Show (CES) 2024, yang diselenggarakan di Las Vegas, Amerika Serikat, pada hari Senin (8/1/2024).

Baca Juga: ASUS ROG Community Gathering ke Surabaya, ROGers Merapat, Acaranya Sukses

Sesuai dengan namanya, seri merupakan penerus dari ROG Phone 7 Series yang diperkenalkan sekitar awal tahun 2023. Salah satu perubahan yang paling mencolok dalam Series terletak pada segi desain.

Saat ini, terkini dari dilengkapi dengan fitur yang dikenal sebagai AniMe Vision. Fitur ini memperlihatkan bagian tengah bawah punggung ponsel yang dihiasi oleh sejumlah kecil lampu LED, mencapai total 341 buah.

Lampu LED tersebut dapat dikonfigurasi untuk menampilkan berbagai animasi menarik, termasuk logo ROG, teks atau kata-kata sederhana, dan sebagainya.

Baca Juga: ASUS Kenalkan Produk dan Teknologi Terbarunya di Surabaya

Yang menarik, lampu LED ini dapat "dinonaktifkan" sepenuhnya dan disesuaikan menjadi samar, sehingga bagian luar ponsel terlihat datar dengan warna dan tidak memiliki lampu LED, serupa dengan sebagian besar ponsel lainnya.

Penting untuk dicatat bahwa fitur AniMe Vision hanya ditemukan pada Pro dan Pro Edition. Pada versi standar, fitur ini digantikan oleh lampu Aura RGB berwarna yang umumnya hadir pada berbagai produk ROG dari .

Logo Aura RGB tersebut hanya dapat mengubah warna dan tidak mampu menampilkan animasi atau dimatikan sepenuhnya seperti yang dapat dilakukan oleh AniMe Vision.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Laptop Terbaik 2022, Beserta Tips Memilihnya

AniMe Vision pada Pro dan Pro Edition menggantikan fitur ROG Vision yang sebelumnya terdapat pada ROG Phone 7 Ultimate.

Fitur ini mampu menampilkan berbagai animasi melalui layar kecil berukuran 2 inci yang tertanam di bagian belakang ponsel.

Meskipun memiliki mekanisme lampu belakang yang berbeda, baik , Pro, maupun Pro Edition semuanya menonjolkan dimensi yang lebih tipis dan bobot yang lebih ringan daripada generasi sebelumnya.

Ketiga model dalam seri ini memiliki dimensi yang ringkas, yakni 163,8 x 76,8 x 8,9 mm, dengan bobot sekitar 225 gram.

Untuk perbandingan, ROG Phone 7 Series, termasuk ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate, memiliki ukuran 173 x 77 x 10,3 mm dengan berat sekitar 239 gram.

Ketiga ponsel ini juga dilengkapi dengan sertifikasi tahan air dan debu IP68, yang menunjukkan peningkatan dari ROG Phone 7 Series yang hanya memiliki rating IP54.

  • (12 GB/256 GB): 1.099 dollar AS (sekitar Rp 17 juta)
  • Pro (16 GB/512 GB): 1.199 dollar AS (sekitar Rp 18,6 juta)
  • Pro Edition (24 GB/1 TB): 1.499 dollar AS (sekitar Rp 23,2 juta)

Semua varian dalam seri diperkuat oleh chipset terkini dari Qualcomm, Snapdragon 8 Generasi 3, yang dipasangkan dengan RAM LPDDR5X hingga 24 GB dan penyimpanan UFS 4.0 yang mencapai kapasitas 1 TB.

Spesifikasi Series
Terlepas perbedaan desain lampu bagian punggung di atas, tampilan serta spesifikasi dan kemampuan , Pro, dan Pro Edition identik satu sama lain.
Ketiga model Series ditenagai dengan chipset terbaru Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 3 yang dipadukan dengan konfigurasi RAM LPDDR5X hingga 24 GB dan media penyimpanan (storage) UFS 4.0 hingga 1 TB.

Dalam hal kamera, Series dilengkapi dengan tiga kamera belakang, termasuk kamera utama 50 MP, kamera telefoto 32 MP (3x optical zoom), dan kamera ultrawide 13 MP (dengan bidang pandang 120 derajat).

Dari segi desain, Series menampilkan layar AMOLED sebesar 6,78 inci dengan resolusi Full HD Plus. Layar ini memiliki refresh rate sebesar 165 Hz dan tingkat kecerahan mencapai 2.500 nit. Selain itu, layar ini dilindungi dengan kaca pelindung Gorilla Glass Victus 2.

Semua tiga ponsel ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur gaming khas ROG, termasuk AirTrigger, AeroActive Cooler, sistem pendingin GameCool 8, dan berbagai fitur kecerdasan buatan (AI) dalam berbagai aplikasi pemantau game dan perangkat keras yang ada di dalam ponsel.

Secara global, tersedia dalam warna Phantom Black dan Phantom Gray, sementara Pro dan Pro Edition hadir dalam varian warna Phantom Black tunggal.

Harga ketiga terbaru dari ini disampaikan seperti yang dikumpulkan oleh KompasTekno dari TheVerge pada Selasa (9/1/2023).

Tidak ada informasi apakah Series akan tersedia di pasar Indonesia atau tidak. Kita tunggu saja untuk mendapatkan kabar lebih lanjut. (rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO