Bangunan Terdampak Proyek Tol Kediri-Tulungagung Mulai Dibongkar

Bangunan Terdampak Proyek Tol Kediri-Tulungagung Mulai Dibongkar Bangunan terdampak proyek Tol Kediri-Tulungagung yang sudah dibongkar oleh pemiliknya di Kelurahan Semampir. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Setelah tahap penetapan lokasi (penlok) dan pembebasan lahan selesai, bangunan yang terdampak proyek -Tulungagung di , mulai dibongkar.

Sesuai rencana, pembangunan Jalan -Tulungagung untuk mendukung akses ke Bandara Dhoho itu akan dimulai pengerjaannya pada tahun 2024 ini.

Pantauan di lapangan, Kamis (18/1/2024), sejumlah bangunan berupa toko, rumah warga, dan bangunan milik Pemkot Kediri di Jalan Mayor Bismo, Kelurahan Semampir, terlihat sudah dibongkar.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Chevy Ning Suyudi mengungkapkan proyek tersebut akan memerlukan lahan seluas 76 hektare atau 765.000 meter persegi.

Pembangunan -Tulungagung masuk proyek strategis nasional (PSN) yang direalisasikan dengan sistem kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Jalan -Tuluangagung akan melewati kurang lebih 8 kelurahan di , meliputi Kelurahan Semampir, Bujel, Sukorame, Pojok, Mrican, Gayam, Ngampel, dan Mojoroto.

Dalam penlok, lanjut Chevy, terdapat kurang lebih 98 peta bidang tanah milik pemda yang terkena proyek pembangunan jalan tol. Di antaranya, Kantor DPRD , Palang Merah Indonesia (PMI), komisi pemilihan umum (KPU), tempat pembuangan akhir (TPA), dinas lingkungan hidup kebersihan dan pertamanan (DLHKP), dinas pendidikan, SDN Mrican 3 dan 4, serta TK Pembina Kelurahan Pojok.

"Dari jumlah tersebut, untuk bangunan TPA, KPU, PMI, TK Pembina Kelurahan Pojok, serta SDN Mrican 3 dan 4 harus dipindahkan, karena tidak dapat beroperasi pada saat pembangunan jalan tol dilaksanakan," ujarnya.

"Pemerintah saat ini juga tengah fokus terhadap penyiapan lahan baru terhadap sejumlah bangunan yang tergusur akibat dampak dari pembebasan lahan Jalan -Tulungagung ini," tutupnya. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO