Pj Wali Kota Kediri Berburu Ikan Cupang di Kampung Harmoni Betta

Pj Wali Kota Kediri Berburu Ikan Cupang di Kampung Harmoni Betta Pj Wali Kota Kediri Zanariah saat melihat-lihat ikan cupang di Kampung Harmoni Betta. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com mengunjungi di , Kecamatan Pesantren, Sabtu (3/2/2024).

Kedatangan untuk melihat langsung kualitas ikan cupang di yang sudah banyak diekspor ke berbagai negara.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Lepas 35 Kafilah Ikuti Ajang Porsadin VI Jawa Timur

Sekadar informasi, di banyak warganya yang budi daya ikan cupang, khususnya di RW 4 dan RW 5 Lingkungan Dander. Jenisnya pun beragam.

"Memang kualitasnya bagus dan tidak salah apabila ikan cupang di tempat ini sudah diekspor ke berbagai negara tetangga, seperti Malaysia hingga ke benua Eropa," ungkap didampingi Lurah Ketami F. Yerry Astika.

berharap usaha budi daya ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, ia mengimbau pembudi daya terus menjaga kualitas ikan cupangnya.

Baca Juga: Perdana Digelar, Dishub Kota Kediri Lakukan Uji Emisi Gas Buangan untuk Kendaraan Roda 4

"Agar omzetnya terus meningkat dan usahanya bisa lebih besar lagi, para pengusaha ikan cupang ini bisa menggunakan media sosialnya untuk memasarkan produknya," harapnya.

Diketahui, budi daya ikan cupang ini dimulai dari tahun 1993. Cara budi dayanya pun cukup mudah dan tak memerlukan tempat yang luas.

Heru, salah satu pembudi daya ikan cupang di mengungkapkan ikan cupang yang memiliki harga relatif mahal adalah jenis plakat RGG/red goal galaxy, plakat barong say, avatar, dan lainnya.

Baca Juga: 2.155 Keluarga Rawan Stunting Terima Bantuan, Pemkot Kediri Lakukan Monitoring

"Kalau saya belum pernah ekspor ikan cupang saya. Tapi ketua pokdakan kami pernah kirim ke luar negeri," imbuhnya.

Heru menyebut pangsa pasar ikan cupang ini mulai dari anak-anak hingga dewasa. Karena ikan cupang ini memiliki bentuk dan warna yang indah, sehingga orang-orang banyak yang menyukainya.

"Bahkan ada juga yang sampai ikut kontes ikan cupang. Biasanya mereka memilih ikan cupang yang body-nya bagus dan punya warna yang kuat," tutupnya. (uji/rev)

Baca Juga: Pererat Sinergitas dengan UPZ, Baznas Kota Kediri Gelar Rakor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO