Pokdarwis Kecamatan Gempol Dilatih Kembangkan Wisata Desa

Pokdarwis Kecamatan Gempol Dilatih Kembangkan Wisata Desa

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - kembali menggelar pelatihan pengembangan kompetensi dasar SDM dan ekonomi kreatif tingkat dasar, Selasa (5/3/2024).

Pelatihan ini diikuti 80 orang dari kelompok sadar wisata (pokdarwis) Kecamatan Gempol, yakni dan . Narasumber pelatihan tersebut adalah Pengelola Desa Wisata Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Mojokerto.

Dalam sambutannya, Kepala Agus Hari Wibowo menuturkan pelatihan dasar ini merupakan upaya untuk mengemabangkan SDM pelaku wisata di wilayah Gempol.

Harapannya, pokdarwis dapat mengembangkan potensi wisata di desa masing-masing.

"Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi pokdarwis agar profesional dan berkualitas dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan," jelasnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Diano Vela Feri yang mewakili Pj Bupati Pasuruan.

Ia mengajak para pelaku wisata menampilkan ciri khas desa guna menarik wisatawan untuk transit menikmati pemendangan alam atau sekedar mampir membeli makanan khas untuk oleh-oleh.

"Meskipun sentuhan anggaran kecil, tapi jika pokdarwis inovatif, maka hal tersebut bisa memberikan efek positif untuk mendukung wisata lebih bergeliat lagi," jelasnya.

Tak hanya memberikan materi saja, dinas pariwisata juga mengajak peserta untuk studi banding ke daerah yang sukses mengelola wisata alam. Salah satu lokasi yang jadi jujukan studi tiru oleh adalah ke Rojowinangun Yogyakarta.

Lokasi tersebut dipilih karena konsep pengelolaan wisata sudah tertata secara klaster sesuai potensi produk unggulan masing-masing dusun/RW. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO