Catat! Pemkot Surabaya Bakal Rekrut Sebanyak 2.789 Formasi CASN Tahun ini

Catat! Pemkot Surabaya Bakal Rekrut Sebanyak 2.789 Formasi CASN Tahun ini Walikota bersama P3K saat penyerahan SK PPPK yang berbentuk digital di Gedung Gelora Pancasila Surabaya, Senin (1/4/2024)

SURABAYA,BANGSAONLINE.com - Pemkot akan membuka rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024 ini.

Dalam hal ini Pemkot mengajukan 2.789 formasi CASN pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Baca Juga: Satresnarkoba Polrestabes Surabaya Ringkus Pengedar Sabu

“Alhamdulillah usulan itu disetujui semuanya, jadi usulan kami 2.789 formasi dan disetujui 2.789 formasi. Jadi, tahun ini kami akan membuka sebanyak 2.789 formasi,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ira Tursilowati, Selasa (2/4/2024).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.109 merupakan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sedangkan 680 formasi merupakan Calon Pegawai Negeri Sipil ().

"Usulan tersebut berasal dari berbagai dinas di , sudah kami himpun semuanya sehingga ketemulah angka itu," katanya.

Baca Juga: Polisi Selidiki ​Penemuan 2 Kerangka Manusia di Rumah Pompa Wonorejo 1

Ia juga memastikan bahwa formasi akan dialokasikan untuk tenaga teknis dan tenaga kesehatan (nakes). Sedangkan sebagian dari PPPK merupakan tenaga pengajar (guru).

"Untuk rincian detailnya akan disampaikan nanti. Sekarang sudah kami usulkan kepada pemerintah pusat. Insyaallah perkiraan akhir bulan Mei pengumuman lengkapnya," kata Ira.

Ira memaparkan, jumlah nakes yang dibutuhkan dalam rekrutmen ASN ini termasuk pemenuhan kebutuhan RSUD di Timur yang siap beroperasi di tahun ini.

Baca Juga: Info BMKG Kamis 26 September: Surabaya Mulai Hujan, Bagaimana Situasi Cuaca Jatim?

"Kalau usulan tahun 2023 memang belum ada yang untuk RS Timur. Tapi di tahun ini, mulai ada rekrutmen untuk RS Timur," katanya.

Sedangkan untuk kebutuhan tenaga pengajar akan memenuhi kekurangan tenaga pengajar yang ada di SD dan SLTP. 

Hal ini dikarenakan, di SD dan SLTP itu banyak yang kekurangan guru kelas maupun guru mata pelajaran.

Baca Juga: Info BMKG Selasa 24 September: Cuaca Jatim Sebagian Hujan Ringan, Bagaimana Surabaya?

"Kami sudah koordinasi dengan BKD. Harapannya, bisa segera terpenuhi tahun ini sehingga peningkatan pendidikan bisa dimaksimalkan," kata Kepala Dinas Pendidikan Yusuf Masruh.

Ia juga sangat bersyukur karena formasi untuk tenaga pengajar atau guru masih sangat diperhatikan di rekrutmen CASN tahun ini. 

Ia berharap, kesempatan ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh para guru yang selama ini sudah mengabdi di sekolah-sekolah di .

Baca Juga: Suami Korban Peluru Nyasar di Gubeng Klingsingan Surabaya Akui Alami Trauma

“Semoga kesempatan yang luar biasa ini bisa menambah semangat kita untuk terus mendidik generasi bangsa ke depannya,” pungkasnya. (van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO