Eksotisme Telasen Topak atau Lebaran Ketupat, Hari Raya-nya Puasa Sunnah Syawal

Eksotisme Telasen Topak atau Lebaran Ketupat, Hari Raya-nya Puasa Sunnah Syawal Ketupat dan lepet. Foto: bangsaonline

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Saya sengaja memakai diksi esksotis untuk memjelaskan Lebaran Ketupat. 

Kenapa? karena Lebaran Ketupat lebih banyak diwarnai produk . Selain itu – ini yang penting – Lebaran Ketupat mengandung daya tarik yang sangat khas. Sedemikian khasnya sehingga sering disalahpahami. Terutama oleh kelompok Islam formalis dan tekstual,

Orang Madura menyebut Lebarn Ketupat itu Telasen Topak (Hari Raya Ketupat). Jadi sama dengan orang Jawa. Kenapa? Karena menu utamanya adalah ketupat dan lepet. Ketupat adalah makanan terbuat dari beras dibungkus janur kemudian direbus.

Sedangkan lepet adalah makanan yang terbuat dari ketan dicampur biji kacang panjang dibungkus janur lalu direbus.

Di Madura ketupat itu dipadukan dengan kuah adhun, menu khusus Lebaran di Madura. Selain itu ditaburi serundeng. Sedang sambalnya terdiri dari garam dan lombok saja.  

Inilah kuah adhun dan ketupat serta lepet. Foto: bangsaonline

Kuah adhun itu isinya daging ayam dan telur dengan bumbu khas Madura. Biasanya orang Madura membuat kuah adhun hanya pada hari raya , Idul Adlha dan Telasan Topak atau Lebaran Ketupat saja.

Untuk apa ketupat dan lepet itu dibuat? Tentu untuk dimakan bersama keluarga, terutama sebagai menu utama Lebaran Ketupat. Tapi tentu juga – ini yang penting - untuk disedekahkan kepada para kerabat dan tetangga. Termasuk kepada tetangga yang tak merayakan Lebaran Ketupat.

Tapi pagi saat istri saya mengantarkan ketupat, lepet dan kuah adhun, ke tetangga sebelah saya tanya. Apa tetangga sebelah yang paham keagamaannya berbeda, tak mau qunut dan tak mau wiridan usai shalat, mau ketupat dan lepet yang kita antarkan. Jangan-jangan dibuang karena dianggap bid’ah.

Ternyata jawaban istri membuat saya tertawa.

“Malah tadi sudah ditunggu,” kata istri saya sembari tertawa. 

Menurut istri saya, tetangga saya itu cerita, bahwa sejak pagi sudah diprediksi bahwa nanti akan diantar ketupat, lepet dan kuah adhun. Maklum, tiap hari raya istri saya rutin mengantarkan makanan ke tetangga. 

Lihat juga video 'Jelang Lebaran, Pemkab Nganjuk Gelar Gerakan Pangan Murah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO