PJT I Lakukan Flushing Bendungan Wlingi dan Lodoyo, Masyarakat Diminta Jauhi Sungai Brantas

PJT I Lakukan Flushing Bendungan Wlingi dan Lodoyo, Masyarakat Diminta Jauhi Sungai Brantas Kegiatan flushing Bendung Lodoyo di Kabupaten Blitar tahun 2023. Foto: Dok. Perum Jasa Tirta I.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Perum Jasa Tirta (PJT) I akan melakukan penggelontoran atau ‘’ di dan Kabupaten selama empat hari mulai 20-24 Mei 2024.

Direktur Operasional , Milfan Rantawi mengatakan, flushing merupakan bagian dari perawatan bendungan, saat proses tersebut akan terjadi peningkatan debit air di sepanjang Sungai Brantas yang ada di hilir sungai.

“Masyarakat diharapkan dapat menjaga diri, tidak melakukan kegiatan baik menjala ikan ataupun memancing, khususnya di sepanjang Sungai Brantas,” katanya, Rabu (15/5/2024).

Menurutnya, imbauan itu tidak hanya ditunjukkan bagi warga saja, melainkan warga Tulungagung, Kediri, dan Nganjuk juga yang dilalui Sungai Brantas.

Ia menjelaskan, awalnya kegiatan itu berlangsung mulai 13-17 Mei 2024. Namun, ada kebutuhan pasokan air untuk area pertanian melalui irigasi Lodagung di Kecamatan Sutojayan, , sehingga proses flushing diundur menjadi 20-24 Mei 2024.

Milfan mengatakan, proses flushing ini berfungsi untuk menggelontorkan material sedimen yang dapat memperkecil daya tampung bendungan.

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO