Khofifah Bersama Rombongan Khataman Manaqib Syech Abdul Qadir Al-Jailani dengan Syekh Afeefuddin

Khofifah Bersama Rombongan Khataman Manaqib Syech Abdul Qadir Al-Jailani dengan Syekh Afeefuddin Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, saat khataman manaqib Syech Abdul Qadir Jailani dipimpin fatichah oleh Mauluana Assayyid Assyech Afeefuddin Al Jailani, cicit Syekh Abdul Qadir Al Jailani.

BAGHDAD, BANGSAONLINE.com - Rangkaian perjalanan muhibah Ketua Umum PP , Khofifah Indar Parawansa, juga diisi dengan khataman manaqib Syech Abdul Qadir Jailani dipimpin fatichah oleh Mauluana Assayyid Assyech Afeefuddin Al Jailani, cicit Syekh Abdul Qadir Al Jailani.

Manaqib yang dilakukan pada Rabu (29/5/2024) malam itu berlangsung sangat khidmad dan khusyuk lengkap dengan mendoakan kondisi bangsa Indonesia dan juga mendoakan kedamaian dunia.

“Kami satu rombongan berkesempatan untuk khataman manaqib dengan dipimpin langsung oleh Syekh Afeefuddin. Beliau membuka dan mengawali manaqib dan kemudian dibacakan oleh Gus Chafidzul Hakim yang merupakan pimpinam jamaah sholawat Syubbanul Muslimin,” kata Khofifah, Kamis (30/5/2024).

“Khataman manaqib ini berlangsung indah dan luar biasa khidmat. Ini adalah bentuk kita berharap keberkahan dan karomah dari sosok Syekh Abdul Qadir Al Jailani, karena kita juga mendoakan kebaikan bangsa dan juga kedamaian dunia,” ucap Gubernur Jatim periode 2019-2024 ini.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa semua waliyullah atau wali Allah merupakan hamba-hamba yang saleh, dekat dengan Allah, dan dipilih pula oleh Allah SWT. Banyak sejarah hidup para wali yang telah dibukukan, seperti manaqib Syekh Abdul Qadir al-Jaelani, karena mereka adalah hamba-hamba pilihan Allah maka sudah sewajarnya jika kita mencintai mereka.

Menurut dia, salah satu hal yang bisa menambah rasa kecintaan kita kepada para wali Allah adalah dengan membaca manaqibnya. Dengan membaca manaqibnya, umat muslim bisa mengetahui kesalehan dan kebaikannya, dan diharapkan bisa meneladaninya.

“Dari sini dapat kita pahami bahwa membaca manaqib Syekh Abdul Qadir al-Jilani itu sangat baik. Apalagi, beliau juga menyandang gelar sebagai sulthan al-awliya`atau pemimpin para wali,” ujarnya.

Sebelum melakukan manaqib, Khofifah bersama rombongan telah lebih dulu berziarah langsung ke makam sulthonil auliya Syekh Abdul Qodar Al Jailani. Di kesempatan itu, ia juga dipandu Syekh Afeefuddin ke maqbaroh Syekh Abdul Qodir Al-Jailani untuk doa dan tawasul, serta diajak untuk berkeliling di komplek makam dan masjid Abdul Qadir Al-Jailani yang megah dan indah.

Lihat juga video 'Gila NU dan Orang NU Gila, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (16)':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO