Hari Lahir Pancasila, Khofifah: Membumikan Pancasila Jangan Sampai Hanya Jadi Jargon

Hari Lahir Pancasila, Khofifah: Membumikan Pancasila Jangan Sampai Hanya Jadi Jargon

SURABAYA, BANGSAOLINE.com – Eksistensi Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia harus terus dijaga oleh setiap generasi. Jangan sampai masyarakat kehilangan daya tarik untuk memahami dan mendalami nilai-nilai Pancasila. Hal itu disampaikan Ketua Umum PP Muslimat NU Indar Parawansa dalam menyambut peringatan 1 Juni.

"Pancasila harus terus dibumikan, jangan sekadar menjadi jargon. Hal ini penting karena tantangan Pancasila pun semakin besar di tengah globalisasi dimana banyak merebak ideologi alternatif melalui media sosial yang mudah diakses oleh seluruh anak bangsa seperti radikalisme, ekstremisme, dan konsumerisme," ungkap di Surabaya, Sabtu (1/6/2024).

Ditegaskan , dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai nilai religiusitas, persatuan, kemanusiaan, toleransi, dan gotong royong. Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Karenanya, tidak ada alasan bagi kita untuk mengesampingkan nilai-nilai Pancasila tersebut.

"Membumikan nilai-nilai Pancasila melalui pendidikan dan atau pembelajaran berkesinambungan menjadi sesuatu yang mutlak harus dilakukan di semua lini kehidupan berbangsa dan bernegara," tambahnya.

mengajak agar Peringatan Hari lahir Pancasila jangan hanya berakhir sebagai sebuah rutinitas dan seremonial, tapi harus menjadi momentum untuk membangun kebersamaan menuju peradaban baru. Pancasila, harus direpresentasikan sebagai sebuah ideologi toleransi, ideologi pluralisme, ideologi multikulturalisme, dan ideologi kemanusiaan. Dengan begitu, tidak ada satu anak bangsa pun yang merasa menjadi minoritas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO