Gandeng Kejaksaan, Pemkot Kediri Gelar Rakor Validasi Penerima Banmod Usaha DBHCHT 2024

Gandeng Kejaksaan, Pemkot Kediri Gelar Rakor Validasi Penerima Banmod Usaha DBHCHT 2024 Rapat koordinasi validasi penerima Banmod atau bantuan modal usaha DBHCHT 2024 di Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Jelang penyaluran bantuan modal (Banmod) usaha yang bersumber dari DBHCHT 2024 tahap pertama, menggelar rapat koordinasi finalisasi dan validasi akhir data calon penerima, Selasa (25/6/2024). 

Kepala Disperdagin Kota Kediri, Wahyu Kusuma Wardani, mengatakan bahwa penyaluran bantuan modal usaha akan dilakukan awal Agustus 2024, sesuai dengan rencana. Adapun proses validasi data calon penerima dilakukan oleh tim bantuan modal dengan berpedoman pada Peraturan Wali Kota Kediri nomor 5 Tahun 2023 tentang petunjuk teknis pemberian bantuan modal usaha yang bersumber dari DBHCHT.

“Sama seperti tahun sebelumnya, penyaluran akan dilakukan dalam dua tahap penerimaan. Untuk tahun ini pada penyaluran tahap I sesuai pagu anggaran bantuan modal usaha akan ditargetkan untuk 5.760 penerima,” urai Wahyu.

Ia menyebut, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari rakor yang diselenggarakan Disperdagin Kota Kediri yang melibatkan seluruh kelurahan pada Mei lalu. Kemudian, dari data penerima yang disampaikan ke kelurahan ada validasi dari kelurahan, masyarakat, dan calon penerima.

“Sampai batas akhir waktu yang kita berikan ada 356 aduan yang masuk, setelah kita kroscek ternyata banyak aduan dobel. Kemudian dari data tadi kita pilah dan lakukan survei ulang kepada 52 calon penerima,” katanya.

Melalui rapat hari ini, Wahyu berharap target sasaran penerima pada tahap I tahun ini dapat terpenuhi. Bagi calon penerima yang masih ada kekurangan dalam hal persyaratan, Wahyu menghimbau untuk segera dilengkapi.

Ia menambahkan, setiap tahun Disperdagin Kota Kediri selalu melakukan evaluasi dan berupaya untuk perbaikan, sehingga di tahun-tahun selanjutnya penyaluran bantuan modal usaha diharapkan bisa dilakukan dengan maksimal.

“Ini sudah tahun keempat Disperdagin melakukan penyaluran bantuan modal usaha yang bersumber dari DBHCHT. Saya mengapresiasi semua anggota tim yang sudah bekerja keras dan bantuan modal usaha ini memang membutuhkan tenaga dan pikiran kita semua karena kita ingin memastikan bahwa penerimanya bisa betul-betul tepat sasaran,” paparnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO