Kenali Berbagai Jenis Tali Outdoor Beserta Fungsinya

Kenali Berbagai Jenis Tali Outdoor Beserta Fungsinya Foto: M. SULTHON NEAGARA/ BANGSAONLINE

BANGSAONLINE.com - Pernahkah kalian melihat seseorang melakukan panjat tebing? Atau mungkin menuruni tebing? Mungkin kita pernah berpikir, tali apa yang mereka gunakan?

Di konten kali ini, kami akan mengajak kalian untuk mengenali berbagai jenis tali outdoor, khususnya tali yang biasa digunakan para pendaki gunung. Karena di beberapa gunung memang ada yang diharuskan menggunakan peralatan climbing, seperti Gunung Raung misalnya.

Tali yang digunakan pendaki gunung sebenarnya sama dengan tali outdoor pada umumnya, yaitu tali carmantel, prusik, dan webbing. Ketiga tali ini memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda. Berikut kami ulas berbagai model dan kegunaan di antara ketiga tali di atas.

Carmantel

Untuk tali carmantel terdapat banyak versi penyebutan, mulai dari karmantel, carmantel, kernmantle, hingga kernmantel. Tali ini terdiri dari dua bagian, yaitu bagian luar dan bagian dalam.

Bagian dalam terbuat dari serat nilon, sedangkan bagian luar sebagai pelindung bagian dalam. Tali inilah yang biasa digunakan untuk rock climbing (panjat tebing), rappelling (turun tebing secara bertahap), hingga rescue korban kecelakaan saat mendaki gunung.

Secara umum, tali ini terbagi menjadi dua jenis yaitu tali karmantel statis dan dinamis. Untuk yang dinamis memiliki tingkat kelenturan 30-50% dan biasa digunakan untuk aktivitas rock climbing.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO