Duet Miko-Fatikhin Jadi Nakhoda Baru AJI Kediri Periode 2024-2027

Duet Miko-Fatikhin Jadi Nakhoda Baru AJI Kediri Periode 2024-2027 Agung Kridaning Jatmiko (kiri) dan Kholisul Fatikhin (kanan) bersama Ketua Umum AJI Indonesia, Nani Afrida. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Aliansi Jurnalis Independen () Kediri punya nahkoda baru, yakni pasangan Agung Kridaning Jatmiko dan Kholisul Fatikhin. Mereka adalah Ketua dan Sekretaris Kediri periode 2024-2027.

Duet Miko-Fatikhin terpilih dalam Konferensi Kota (Konferta) Sabtu (29/6/2024) di Bukit Bintang Kota Kediri, salah satunya agendanya memilih nahkoda baru Kediri.

Miko-Fatikhin meraih suara terbanyak, usai mengungguli pasangan Ubaidillah-Hamam Defa. Pasangan Miko-Fatikhin akan menahkodai Kediri selama 3 tahun ke depan, menggantikan kepengurusan sebelumnya, Danu Sukendro-Rekian.

“Kepengurusan Kediri ke depan akan berupaya menguatkan organisasi dan kapasitas anggota,” kata Miko.

Menurut dia, diskusi ideologi perlu diperdalam. Miko juga berkomitmen mengembangkan lembaga pendidikan bentukan Kediri: Jayabaya Institute. Selain itu, rencana pembentukan biro di kawasan Tulungagung dan Trenggalek juga perlu segera tereksekusi.

Konferta diikuti 37 jurnalis dari 54 anggota yang tergabung di Kediri. Mereka tersebar di berbagai wilayah, antara lain Kediri, Tulungagung, Blitar, Trenggalek, Ngawi, dan Madiun.

Pada acara ini turut hadir sebagai peninjau, Ketua Umum Indonesia, Nani Afrida. Mantan jurnalis Jakarta Post ini mengatakan, kesolidan antaranggota dan jaringan menjadi modal utama menghadapi tantangan ke depan.

Kediri perlu ikut mengawal isu-isu yang berdampak terhadap publik. Misalnya rancangan UU KUHP dan UU Penyiaran yang yang mengancam kebebasan berekspresi,” kata Nani.

Selain Nani, pengurus Indonesia lainnya juga hadir pada acara ini. Di antaranya pengurus Bidang Gender, Ira Rahmawati, serta Majelis Pertimbangan Legislasi (MPL), Ika Ningtyas.

Konferta Kediri tak hanya memilih Ketua dan Sekretaris baru. Di akhir sesi, peserta juga memilih Majelis Pertimbangan Legislasi (MPL) dan Majelis Etik Peradilan Organisasi (MEPO) Kediri periode 2024-2027.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO