Audiensi dengan Pj Bupati Andriyanto, Gapensi Pasuruan Berharap Proyek PL Dikerjakan Rekanan Lokal

Audiensi dengan Pj Bupati Andriyanto, Gapensi Pasuruan Berharap Proyek PL Dikerjakan Rekanan Lokal Lintas asosiasi jasa konstruksi di Kabupaten Pasuruan usai audiensi dengan Pj. Bupati Andriyanto.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Lintas asosiasi jasa konstruksi di Kabupaten Pasuruan melakukan audiensi dengan Pj. Bupati Pasuruan, Andriyanto, Senin (17/6/2024).

Dalam audiensi tersebut, mereka berharap pelaksana proyek PL (penunjukan langsung) mengutamakan rekanan/pengusaha lokal, khususnya yang berkedudukan di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Menurut H. Fachrudin, Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Cabang Pasuruan, berdasarkan data saat ini, CV lokal di Kabupaten Pasuruan yang SBU dan NIB-nya masih hidup sekira 100.

"Sebanyak 100 bendera yang update itu tersebar di Asosiasi Jasa Konstruksi Cabang Pasuruan," ujarnya.

Karena itu, Fachrudin minta kepada Pj Bupati Andriyono agar memprioritaskan rekanan lokal. Apalagi, jumlah paket PL konstruksi di Kabupaten Pasuruan sekira 1.000.

Menurutnya, jika setiap CV mendapat 5 SKP (sisa kemampuan paket), maka rekanan lokal hanya bisa menyerap 500 paket.

"Saya gak bilang pokir, semua tahu beberapa anggota DPRD nanggung utang ke rekanan. Biasanya yang anggaran kecil dibagikan ke sejumlah oknum LSM dan wartawan untuk pengamanan," ujar Fachrudin.

Belum lagi jumlah CV yang masih hidup juga tak menampung. "Solusinya pakai CV tetangga, Kota Pasuruan. Jika masih sisa bendera tetangga, tapi juga harus tetap menggadeng rekanan lokal," cetus Fachrudin.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO