7 Cara Mengatasi Asam Lambung karena Stres

7 Cara Mengatasi Asam Lambung karena Stres 7 Cara Mengatasi Asam Lambung karena Stres. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Asam lambung dapat dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi makan yang buruk ataupun asupan makanan yang kurang tepat. Terdapat berbagai faktor yang turut memicu naiknya asam lambung, benarkan stres salah satu faktornya?

Dilansir dari Health, stres dapat berdampak buruk pada fungsi usus sehingga gejala asam lambung bisa lebih sering muncul.

Hal itu dikarenakan stres bisa mengurangi hormon prostaglandin secara signifikan. Hormon tersebut berfungsi untuk melapisi perut dan melindungi dari asam lambung.

Apabila hormon prostaglandin berkurang dapat memicu peningkatan asam lambung dan membuat gejalanya semakin serius.

Orang-orang yang merasa stres secara berlebihan memiliki risiko 1,95 kali lipat lebih tinggi untuk mengalami asam lambung dibandingkan orang-orang yang mengalami stres ringan.

Dilansir dari Healthline, stres yang berlebihan bisa menyebabkan gejala asam lambung secara terus menerus, seperti nyeri ulu hati (heartburn), muntah atau regurgitasi, batuk, nyeri dada, dan sendawa.

Selain stres, beberapa masalah kesehatan mental juga bisa meningkatkan naiknya asam lambung atau membuat gejalanya semakin parah, termasuk kecemasan dan depresi.

Berikut 7 karena stres:

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO