Anggota Koramil Bancar Tanam Bawang Merah Bareng Warga Ngampelrejo

Anggota Koramil Bancar Tanam Bawang Merah Bareng Warga Ngampelrejo Anggota Koramil 0811/12 Bancar saat menanam bawang merah bersama warga di Desa Ngampelrejo. Foto: Ist

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Anggota Koramil 0811/12 Bancar melaksanakan tanam bawang merah bersama warga di Desa Ngampelrejo, Rabu (10/7/2024). Agenda tersebut dilaksanakan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional, dan sebagai motivasi peningkatan perekonomian para petani di desa.

Kegiatan yang diprakarsai Koramil 0811/12 Bancar bertujuan agar para petani bawang merah di Desa Ngampelrejo dapat meningkatkan hasil panen dengan maksimal, sehingga meningkatkan kesejahteraan petani.

Dalam hal ini, Dinas Pertanian dan Babinsa pun harus melaksanakan pengecekan dan memberikan edukasi tentang pemberian pupuk, penyemprotan anti hama dan penyiraman/pengairan.

Danramil 0811/12 Bancar, Kapten Arh Ali Mubdi, mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan wujud kepedulian pihaknya melalui Babinsa di wilayah teritorialnya dalam upaya ketahanan pangan.

"Kegiatan ini bukan kali pertama, akan tetapi selalu dilakukan oleh Babinsa yang berkolaborasi dengan Dinas Pertanian setempat mulai dari pemilihan bibit berkualitas tinggi, penanaman bibit, pemupukan dan penyemprotan anti hama serta perawatan tanaman sampai masa panen selesai," paparnya.

Berlangsungnya kegiatan itu tak lepas dari Sosialisasi yang dilakukan oleh para Babinsa Koramil 0811/12 Bancar dengan kelompok tani, termasuk berkat kerja sama antara Dinas Pertanian dan pemerintah desa setempat. 

"Kami pun berharap dari pemerintah Kecamatan bisa mendukung dengan maksimal kegiatan ini. Kegiatan ini bukan asal menanam saja, yang mana targetnya pada akhir nanti adalah hasil ketika panen. Untuk itu kami pihak Koramil dan Kelompok Tani akan memberikan pembinaan secara gratis tentang SOP penanaman bawang merah, jagung, padi dan lainnya," urai Ali.

Diketahui, hasil panen nanti akan dilakukan operasi pasar agar tidak terjadi fluktuasi harga. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu khawatir bila panen nanti tidak terjual.

"Terima kasih kepada semua pihak yang mensukseskan terlaksananya kegiatan ini, terkhusus kepada Bapak-bapak dari Koramil 0811/12 Bancar yang telah membuat ide ketahanan pangan di Desa kami," kata Kades Ngampelrejo, Taryono.

"Sebelumnya Pak Danramil juga sudah mensuport Desa Ngampelrejo untuk mensukseskan Program Hanpangan dan menjaga inflasi pangan dengan memberikan bantuan bibit. Terima kasih pak Danramil, untuk membantu masyarakat kami dalam pembinaan pertanian,” pungkasnya. (coi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '3 Prajurit TNI Gugur Akibat Baku Tembak di Papua':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO