​Setelah Bali dan Banten, Menteri AHY Luncurkan Implementasi Layanan Elektronik di Jabar

​Setelah Bali dan Banten, Menteri AHY Luncurkan Implementasi Layanan Elektronik di Jabar

BANGSAONLINE.com - Usai meluncurkan Implementasi Layanan di Bali dan Banten pada Mei lalu, /, Agus Harimurti Yudhoyono () kali ini meluncurkan Implementasi Layanan di 11 Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten/Kota se-Provinsi secara serentak. 

Kegiatan ini berlangsung di Gedung Sate, Bandung pada Minggu (09/06/2024).

Adapun 11 Kantah yang diresmikan Implementasi Layanan nya antara lain Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Sukabumi, Kota Cirebon, Kota Banjar, Kota Bogor, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Bekasi.

Implementasi Layanan terus digencarkan karena menurut Menteri dengan layanan elektronik, khususnya keluaran berupa dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. 

"Dengan melakukan alih media dari yang serba konvensional menjadi serba digital, maka banyak keuntungannya," ujarnya.

"Kalau sudah memiliki artinya sudah masuk ke dalam database, jadi tidak perlu khawatir karena rusak, hancur, bahkan hilang. Sertipikat Tanah juga tidak semudah itu diduplikasi, dipalsukan atau digandakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, termasuk juga mafia tanah karena sudah ada dalam database yang bisa dicek kapan saja keabsahannya," tambah Menteri .

Semangat Implementasi Layanan juga sebagai satu upaya mewujudkan Kabupaten/Kota Lengkap secara cepat. 

Dengan dinyatakan sebagai Kabupaten/Kota Lengkap, maka suatu daerah akan memiliki keuntungan tersendiri. 

Pemerintah daerah (Pemda) bisa lebih mudah dalam menentukan kebijakan terkait tata ruangnya dan yang terpenting adalah meminimalisir adanya tumpang tindih kepemilikan tanah.

Lihat juga video 'Gara-Gara Hasil Cukur Tak Sesuai Harapan, Tukang Cukur di Bogor Nyaris Dibacok Pelanggannya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO