Mengapa Batuk Sulit Sembuh? Ini Penjelasannya

Mengapa Batuk Sulit Sembuh? Ini Penjelasannya Mengapa Batuk Sulit Sembuh? Ini Penjelasannya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Batuk merupakan respon refleks yang dilakukan untuk membersihkan tenggorokan dari lender atau iritasi akibat benda asing. Batuk dapat menetap berhari-hari, berminggu bahkan bertahun.

Perlu diketahui terdapat berbagai jenis batuk, tergantung pada berapa lama durasinya, berlendir atau tidak dan bagaimana bunyi atau gejalanya.

Biasanya batuk yang disebabkan karena infeksi akan membaik dalam beberapa hari, terkadang minggu. Batuk jenis ini seperti batuk yang berasal dari infeksi saluran pernapasan yang pada umumnya menimbulkan gejala batuk pilek.

Ada sejumlah batuk yang paling sering dialami, terutama karena asma, refluks lambung serta masalah sinus.

"Batuk yang berlangsung lama biasanya merupakan gejala dari masalah kesehatan tertentu atau disebabkan faktor lingkungan sekitar seperti polusi, asap rokok dan udara dingin, juga bisa menyebabkan rasa gatal di tenggorokan," ujar dr Patriotika Ismail Sp.PD.

Adapun batuk kronik karena adanya penyakit tertentu bisa diderita sampai berbulan-bulan lamanya. Misalnya bronchitis kronik yang sering diderita oleh perokok atau mantan perokok.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO