Sambut HUT RI, Pj Wali Kota Mojokerto Gelorakan Patriotisme dengan Pemasangan 7.900 Merah Putih

Sambut HUT RI, Pj Wali Kota Mojokerto Gelorakan Patriotisme dengan Pemasangan 7.900 Merah Putih Pj Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro berbaur dengan ribuan ASN kibarkan merah putih.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 RI, Pemerintah Kota Mojokerto menggelar apel merah putih dan gerakan pemasangan 7.900 bendera serta festival lomba di GOR A. Yani, Sabtu (3/8/2024).

Apel ini dikuti forkopimda, ASN, para veteran, pemuka agama, tokoh masyarakat dan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Mojokerto. Kemudian, dilakukan penyerahan bendera merah putih secara simbolis kepada perwakilan peserta apel.

Muhammad menyampaikan, kegiatan hari ini, sebenarnya bagian upaya untuk mengibarkan bendera merah putih secara serentak. Di samping itu, kegiatan diinisiasi oleh Kemendagri, di mana seluruh pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten kota, diimbau untuk menyelenggarakan pengibaran bendera.

Untuk Kota Mojokerto, telah dilaksanakan kegiatan apel merah putih, sekaligus dilanjutkan dengan lomba-lomba Agustusan oleh seluruh ASN.

"Kita telah mengibarkan tematik 7.900 bendera merah putih di seluruh wilayah Kota Mojokerto. Kita berharap bisa lebih pemasangannya, karena secara nasional memang di atas 10 juta bendera merah putih. Harapan saya, para generasi muda harus paham tentang sejarah. Bahwa, bangsa ini dibangun dengan tetesan keringat dan darah jiwa nasionalisme patriotisme, semangat perjuangan itu juga harus dimiliki oleh para pemuda," ujar dia.

"Memang, tantangannya sudah beda untuk era sekarang. Generasi muda harus bersiap dengan tantangan yang sifatnya digitalisasi. Saya bangga, pemuda-pemuda saat ini, mempunyai kemampuan intelektualitasnya luar biasa. Untuk menghadapi 2045, harus ada keseimbangan antara intelektualitas moralitas dan tentu spiritualitas," jelas .

Sementara itu, ketua panitia kegiatan, Heryana Dodik Murtono, mengatakan kegiatan ini sangat positif untuk menumbuhkan kebersamaan. Bendera merah putih merupakan simbol persatuan dan kesatuan bangsa, yang harus dijunjung tinggi dan hormati, juga sebagai semangat nasionalisme.

"Selain itu, berbagai lomba diadakan dalam memeriahkan HUT RI ke 79, yaitu lomba estafet yang meliputi lari estafet terong, makan krupuk, bola contong dan topi capeng," kata dodik yang juga Plt Bakesbangpol Kota Mojokerto. (ris/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO